06/01/2023

Jadikan yang Terdepan

HARI SANTRI, ULAMA NU & BUPATI ZIARAH KE MUASIS NU

Ngawi, kabargress.com – Hari Santri 2022 tinggal beberapa hari. Geliat peringatan mulai terlihat. Panitia Hari Santri 2022 sudah merancang dan menggelar kegiatan untuk memeriahkan acara yang selalu dinanti masyarakat. Puncak acara 22 Oktober 2022, digelar kirab santri.

“Ziarah Muassis ini meneladani para ulama dengan etos kerja dan semangat perjuangannya,” tutur Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono sebelum berangkat menuju lokasi ziarah.

Ahad (16/19/2022) pagi, para ulama dan nahdiyin berziarah ke makam muasis Nahdlatul Ulama (NU) dan sesepuh di Ngawi. Dipimpin Ketua PC NU KH. Ahmad Ulinnuha Rozy. Hadir Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Forkompinda di pembukaan pemberangkatan ziarah.

“Ziarah ke makam Muasis wujud santri tak melupakan perjuangan para muasis. Kirab santri wujud kebersamaan, kekompakan santri dalam berjuang menuntut ilmu dan beramar maruf nahi munkar, ” tutur Sekretaris PCNU Ngawi Saeful Bahri di sela ziarah.

Diawali di Masjid Lintang Songo Jalan Ir. Soekarno. Melakukan doa dan berkatan dipimpin KH. Ahmad Ulinnuha Rozy. Setelah doa dan berkatan dilanjutkan perjalanan ziarah ke makam KH Murtadlo Desa Klitik Geneng, makam KH. Afandi Kembangan Dusun Karangrejo Desa Beran, di makam KH. Abd. Mu’Thi dan H. Moh Hasyim Dusun Wareng Desa Beran, makam KH Muh. Nur Salim di Benteng Pendem, makam RAT Purwodiprojo di Kauman belakang Masjid Agung Ngawi, di makam KH Abdul Azis Sidolaju. Ziarah muassis ini menjadi tradisi tahunan peringatan hari santri. (Gie)