06/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Stand Dinsos Pemprov Jatim Raih Penghargaan Terbaik pada Jatim Fair 2022

  • Menampilkan kesenian gamelan yang kental dengan nuansa Jawa Timur

Surabaya, kabargress.com – Stand Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Provinsi Jawa Timur berhasil meraih penghargaan stand elemen Jawa Timuran Terbaik pada Jatim Fair 2022. Kegiatan yang berlangsung di Grand City tersebut dibuka Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, pada Jumat (7/10/2022).

Pada gelaran Jatim Fair 2022 kali ini, stand Dinsos Pemprov Jatim menampilkan kesenian gamelan yang kental dengan nuansa Jawa Timur. Sedangkan tahun lalu menampilkan kebolehan para penyandang disabilitas.

Kepala Dinsos Jatim, Alwi, mengatakan kesenian gamelan dimainkan para lansia yang selama ini dirawat oleh Dinsos Jatim. “Mereka ini dirawat di 7 UPTD yang tersebar di Jatim. Diantaranya ada di Jombang, Pasuruan dan Pacitan. Tiap UPTD ada 20 orang sampai 25 Lansia,” ungkap Alwi.

Dijelaskan, selama di UPTD para lansia diberi kebebasan untuk mengembangkan kreatifitasnya. “Kalau suka main gamelan ya silahkan main gamelan, suka keroncong silahkan main keroncong, ada yang suka beribadah, ada juga yang suka bercocok tanam. Kita memberi kebebasan mereka, kita tidak mengarahkan mereka. Sepanjang itu baik dan tidak berbahaya,” urainya.

Dikatakan Alwi, Dinsos Jatim juga mengagendakan para Lansia refreshing sebulan sekali. “Kita juga memberikan mereka keterampilan yang mereka bisa ketika di UPTD. Untuk mengisi waktu. Yang penting kita bahagiakan mereka,” ujarnya.

Alwi menegaskan, Dinsos Jatim punya moto untuk para Lansia, yaitu, Tua Berguna dan Berkualitas. Pada event Jatim Fair 2022 ini, Dinsos menampilkan kreatifitas dan kegiatan para kelompok lanjut usia (lansia) yang merupakan penghuni Panti Wreda di beberapa UPT di Jawa Timur. “Mbah-mbah ini ngerti benar dengan kebiasaan seperti ini. Jadi mbah-mbah ini memakai pakaian seperti ini, ingat nostalgia lama dulu,” imbuhnya.

Tampak pada stand Dinsos Pamprov Jatim, lansia laki-laki memainkan gamelan, bahkan ada yang kidungan. Sedangkan lansia perempuan mengenakan kebaya, dan ada yang seperti berjaga warung, serta ada yang menyulam. “Jadi kita ingin mengembalikan kenangan-kenangan masa lalu mereka. Biar mereka bahagia,” imbuhnya.

Stand Dinsos ini menjadi stand pertama yang dikunjungi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, seusai membuka gelaran Jatim Fair 2022. Tampak Gubernur perempuan pertama ini menyapa dan memberi salam kepada lansia yang ikut pameran ini. Antusiasme nenek dan kakek ini terlihat dengan senyum bahagia ketika disapa. (ro)