05/10/2021

Jadikan yang Terdepan

Dinas Kehutanan Provinsi Jatim dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Launching Replikasi Inovasi “Alas Beta”

  • Kerjasama Kembangkan Perbenihan Tanaman Hutan

Surabaya, Kabargress.com – Dinas Kehutanan Provinsi Jatim melaunching Replikasi Inovasi “Alas Beta”, dalam kerjasama Pengembangan Perbenihan Tanaman Hutan bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (05/10/21).

Sebelumnya, penandatanganan kerjasama telah dilakukan pada 4 Agustus 2021 oleh kedua Kepala Dinas Kehutanan Provinsi secara online di kantor masing-masing mengingat kondisi yang masih terhalang pandemi Covid-19.

Aplikasi Inovasi “Alas Beta” sendiri adalah sebuah aplikasi online berbasis android, membantu pelayanan sertifikasi perbenihan tanaman hutan secara mudah, murah, cepat, tepat dan transparan.

“Aplikasi Alas Beta ini ada di sektor yang paling hulu disamping SDM di pembangunan kehutanan. Ada 2 misi, misi konservasi dan misi ekonomi,” ungkap Ir. Jumadi selaku Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, sesuai launching yang diselenggarakan di kantor Dinas Kehutanan Jatim.

Selain dilaksanakannya launching aplikasi Alas Beta, acara tersebut juga diselenggarakan untuk memperingati hari jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur, dengan dihadiri oleh Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jatim, Aliyadi Mustofa.

“Saya mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur untuk terus berinovasi, salah satunya dengan munculnya aplikasi ini (Alas Beta),” ujarnya di kesempatan yang sama.

Aliyadi mengatakan, Komisi B DPRD Jatim berharap, aplikasi tersebut dapat memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat secara umum, terutama berdampak ekonomis di Jawa Timur.

“Saya bangga kepada Kepala Dinas Kehutanan yang baru ini, sehingga sudah banyak sekali terobosan-terobosan yang menurut hemat kami di Komisi B, pak Jumadi ini perlu untuk terus mendapatkan support dan dukungan,” terang Aliyadi. (ZAK)