07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pangkoarmada II, Forkopimda Jatim bersama Pemkot Surabaya Tinjau Langsung Gelora Pancasila sebagai Lokasi Vaksinasi Kali Ini

Surabaya, Kabargress.com – Vaksinasi terus dilakukan secara masif oleh Pemkot Surabaya. Kini, Gelora Pancasila dan lapangan Thor menjadi lokasi dilaksanakannya vaksinasi, dan terlihat cukup ramai dipadati oleh Antusias masyarakat, Kamis (29/07/21)

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi mendampingi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) beserta Forkopimda Jatim termasuk didalamnya Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan ada juga Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kepala Kejati Jatim Dr. Mohamad Dofir, dan Kepala Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, meninjau langsung proses keberlangsungan kegiatan tersebut.

Vaksinasi kali ini digelar hingga 2 hari, terhitung sejak hari Kamis ini hingga hari Jum’at besok. Target lokasinya ada 3 kecamatan, yaitu kecamatan Wonokromo, kecamatan Sawahan, serta kecamatan Dukuh Pakis.

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi menyebutkan, vaksin kali ini tersedia ada 25 ribu, dibagi hari ini 12.500 dan besok 12.500 . Seluruh vaksin ini adalah milik TNI Angkatan Laut (AL).

“Waktu itu saya sampaikan kepada pak panglima, “pak warga Surabaya banyak yang belum tervaksin,” Beliau adalah panglima yang cepat dan tanggap, beliau juga orang yang humanis, sehingga beliau menyampaikan bahwa “itu ada kuota 25 ribu vaksin, silakan dipakai di Surabaya,” ” terang Eri menceritakan asal vaksin yang digunakan.

Eri menjelaskan, untuk vaksin dari Pemerintah Pusat sendiri masih baru hari ini datang di Jawa timur. Jumlahnya sekitar 800ribuan, yang dimana nanti masih di bagi 3, untuk TNI, Polri dan provinsi. Nanti dari provinsi itu dibagi lagi ke berbagai kota.

“Ada Sinovac, ada Astra Zenica, ada Sinovam, ada Mordena. Mordena itu dibuat sama nakes ya. 800 ribu itu ada Moderna nya juga” paparnya.

Untuk vaksin jenis Moderna ini, Eri menerangkan, digunakan untuk para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di berbagai rumah sakit dan puskesmas yang ada di kota Surabaya, yang dimana bersentuhan langsung terhadap masyarakat.

Untuk masyarakat Surabaya, persentase ter-vaksin-nya sudah mencapai 60%. Walikota berharap semoga bisa segera mencapai 70% ataupun hingga  mencapai 100%.

“BOR sudah 75%, itu yang non ICU loh ya. Kalau yang ICU sekitar 83%-85%. Lupa saya. Pokoknya segitu lah,” ujar Eri. (ZAK)