07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Media Jatim Lakukan Test Drive Toyota Raize

Surabaya, Kabargress.com – Setelah diperkenalkan ke publik akhir April lalu, awak media Jawa Timur mendapat kesempatan melakukan test drive Toyota Raize, Selasa (8/6/2021). Test drive mengambil start dari halaman Auto2000 A. Yani, Surabaya, menyusuri jalur tol arah Lawang, diteruskan menuju Highland Grill, tepatnya di kawasan Gunung Arjuno Dusun Gemuk Utara, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Tampak hadir pada kegiatan test drive, diantaranya Operation Manager Jawa Timur, Judianto, Koordinator Wilayah Jatim I, Iksir Imanuwell serta Koordinator Wilayah Jatim II, Henky Kurniawan. “Untuk test drive ini kami bawa semua yang transmisi otomatis. Karena saat ini kecenderungan pembeli atau mayoritas juga memilih yang transmisi otomatis. Terutama di Surabaya Raya dan sekitarnya,” ungkap Judianto di sela-sela kegiatan Test Drive Toyota Raize dan Media Gathering.

Awak media diberikan kesempatan untuk mengeksplor seluruh fitur-fitur yang disematkan pada Toyota Raize. Toyota Raize memang menjadi produk pertama PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia yang memiliki segudang fitur canggih, namun dengan harga terjangkau. 

Toyota Raize hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.0 turbo dan 1.2 naturally aspirated. Namun untuk sementara baru mesin 1.0 turbo yang tersedia. Sementara opsi 1.2 naturally aspirated baru akan hadir pada pertengahan tahun ini.

Ada enam pilihan varian yang ditawarkan, yakni Raize 1.2 G M/T, Raize 1.2 G CVT, Raize 1.0 Turbo G M/T, Raize 1.0 Turbo G CVT, Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Raize hadir dengan fitur berlimpah, diantaranya Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED. Fitur lainnya Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design.

Bahkan fitur keselamatannya juga komplet. Pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS terdapat fitur 6 Airbag, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. FYI, TSS atau Toyota Safety Sense merupakan fitur keselamatan yang biasanya cuma ada di mobil-mobil mewah.

Hebatnya lagi fitur Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer menjadi fitur standar untuk semua varian Raize.

Dimensi panjang Raize hanya 4.030 milimeter, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Terlihat cukup kompak, namun saat masuk ke dalam kabin posisi duduk pengemudi dengan tinggi badan 175 cm masih terbilang nyaman.

Jumlah inden Toyota Raize melalui Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) di Auto2000 di Jawa Timur mencapai lebih dari 148 unit. “Saat ini mungkin masih menunggu proses STNK, kemungkinan bulan depan (Juli) sudah bisa kelihatan meluncur di jalanan,” ujar Judianto.

Untuk pasar Jatim, Toyota Raize dibanderol OTR Rp230-an juta hingga Rp270-an juta. (Ro)