07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Komisi B Berharap Pasar Tunjungan Bisa Kembali Normal Meskipun di Masa Pandemi

Surabaya, kabargress.com – Menindaklanjuti pengaduan dari perkumpulan pedagang terkait kondisi pasar Tunjungan Surabaya, Komisi B menggelar rapat bersama PD Pasar Surya dan Dinas Perekonomian Pemkot Surabaya.

Wakil Ketua Komisi B, Anas Karno, mengatakan rapat ini berdasarkan surat yang masuk dari stand pasar Tunjungan. “Sebenarnya mulai kemarin sudah mulai hearing, tetapi ditunda karena ada kementerian yang datang di Surabaya,” ujar Anas Karno Kamis (19/05/2021).

Rapat sekarang, menurut legislator PDIP ini, tidak melibatkan pedagang pasar Tunjungan. “Kita akan menggali banyak dari Dinas Perekonomian dan PD Pasar Surya, intinya itu,” kata Anas Karno.

Dia menegaskan, PD Pasar Surya harus mempunyai greget bagaimana kondisi pasar Tunjungan di masa pandemi.

“Ada yang menempati ada yang tidak karena terbebani biaya sewa,” kata Anas Karno.

PD Pasar Surya, kata dia, sudah berjanji akan memberikan data seperti ada stand yang dipakai tetap membayar, tetapi ada juga yang tidak membayar sewa.

“Ada juga stand yang disewakan ke orang lain membayar, dan ada juga stand yang kosong tapi tidak bayar,” ungkap Anas Karno.

Karena itu, pihaknya meminta dicatat berapa stand yang disewakan dan berapa yang tidak membayar sewa stand pasar Tunjungan. “Itu nantinya akan benar benar membantu,” kata Anas Karno.

Melihat kondisi pasar Tunjungan saat ini, pihaknya memberikan masukan kepada PD Pasar Surya banyak hal yang harus dilakukan.

“Artinya ada pihak ketiga (Investor) yang mau bekerja sama agar pasar Tunjungan ini bisa eksis dan bagus lagi,” tutur Anas Karno.

“Ya harapan Komisi B, pasar Tunjungan bisa kembali normal meskipun di masa pandemi saat ini,” imbuh Anas Karno usai rapat.

Sementara itu, Plt Direktur Teknik dan Usaha Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, Muhibuddin, mengatakan pihaknya melakukan koordinasi antara Komisi B, PD Pasar bersama Pemkot Surabaya.

“Jadi sebenarnya secara umum pingin melihat perkembangan yang sudah dilakukan oleh PD Pasar Surya, tetapi ada topik khusus masalah pasar tunjungan,” ujar Muhibuddin.

Dia menjelaskan, apa yang sudah dilakukan oleh PD Pasar dengan kondisi seperti saat ini seperti apa.

“Intinya apa yang sudah dilakukan dan kemudian ke depannya seperti punya cita-citanya seperti apa,” pungkasnya. (ZAK/ADV)