08/04/2021

Jadikan yang Terdepan

Sinergi Kanwil IV KPPU – Satgas Pangan Polda Jatim jaga stabilisasi harga pangan jelang Ramadhan

Surabaya – Menjelang bulan Ramadhan dan lebaran 1442 H Kanwil IV KPPU Surabaya siap bersinergi antar instansi dan Dinas di Provinsi Jawa Timur untuk menjamin ketersediaan pasokan dan stabilitas Harga kebutuhan Pokok.

Kanwil IV KPPU menghadiri undangan dari Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) Polda Jawa Timur untuk membahas langkah strategis dan sharing data terkait pasokan dan harga pangan menjelang ramdhan.

Koordinasi dipimpin oleh Kasatgas Pangan Polda Jawa Timur Kombes Pol Farman, S.H., S.I.K., M.H., ini disebutkan bahwa Satgas Pangan Polda Jatim menemukan terdapat kebutuhan pokok yang harganya tinggi.

“Satgas Pangan Polda Jatim telah menemukan beberapa komoditi kebutuhan pokok yang harganya tinggi minyak goreng curah, daging ayam ras, dan cabai. Walaupun demikian trendnya saat ini harganya menurun sedangkan harga Bapok yang lain masih stabil”, tegas Farman.

Koordinasi ini dihadiri oleh lintas instansi dan dinas di Provinsi Jawa Timur Selain KPPU juga dihadiri oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan dan ketahanan pangan Provinsi Jawa Timur serta Perum Bulog.

Kepala Bagian Kajian dan Advokasi Kanwil IV KPPU Romi Pradhana Aryo menyatakan bahwa Kanwil IV siap menghadapi potensi masalah menjelang ramadhan dan lebaran 1442 H.

“KPPU siap bekerjasama dengan rekan-rekan dari Provinsi Jawa Timur dan Polda Jawa Timur untuk menjaga harga dan pasokan bapok di Jawa Timur, KPPU juga telah melakukan monitoring harga dan distribusi Bapok. Selain itu, KPPU juga sedang mengkaji Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Gula Dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional yang mengatur gula rafinasi hanya dikelola oleh pabrik gula yang dberdiri sebelum tahun 2010”, jelas Romi. (Ro)