02/04/2021

Jadikan yang Terdepan

GEBER UMKM, Milestone Penting Perjuangan Pendamping UMKM di Indonesia

KABARGRESS.COM-Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki akan lakukan Kick Off Gerakan Indonesia Bersama – GEBER UMKM di Peresmian Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Trans Studio Bandung Jawa Barat, Sabtu 3/4/2021.

Geber UMKM merupakan inisiatif payung kolaboratif dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengorkestrasi semua gerakan pendampingan UMKM yang dilakukan oleh asosiasi dan lembaga pendampingan di seluruh Indonesia.

Tahap pertama, yg bergabung dalam Geber UMKM adalah: AMEN, The Local Enabler, ICSB, idEA, ABDSI, Fokus UMKM, LUNAS, YukBisnis, Mercy Corps, dan ICCN. Nantinya berbagai asosiasi dan lembaga lainnya bisa bergabung memperkuat Geber UMKM.

Dalam menghadapi kenormalan baru, semua kegiatan pendampingan haruslah bersinergi. Geber UMKM hadir untuk memoderasi pendampingan yang telah dan akan hadir untuk masyarakat.

Cak Samsul, Founder Fokus UMKM – CEO Lunas menyatakan: “Kita perlu berkolaborasi dengan semua jaringan masyarakat dan asosiasi untuk menyelesaikan tantangan dalam pengembangan usaha UMKM Indonesia agar tumbuh dan berkembang serta Naik Kelas.”

“Sejak awal 2000an saya dan kawan2 memperjuangkan lewat berbagai forum agar pendampingan UMKM menjadi bagian penting dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia. Alhamdulillah kali ini direspon positif oleh pak Teten dengan menginisiasi Geber UMKM. Semoga ditindaklanjuti dengan regulasi yg mendorong hadirnya industri jasa pendampingan UMKM dalam ekosistem peningkatan produktivitas dan daya saing UMKM yg terpadu ” imbuh Cak Samsul

Di acara kick off oleh pak Menteri teraebut diperkenalkan logo Geber UMKM berupa tiga panah, menggambarkan level usaha mikro, kecil dan menengah. Bergerak ke arah kanan, menandakan semangat, optimisme, better together, moving forward, fast.

SMESCO, Badan Layanan Umum Kementerian Koperasi dan UKM ditunjuk menjadi host Geber UMKM. Informasi lebih lanjut tentang program ini bisa dipantau melalui https://umkmnaikkelas.com

***