01/04/2021

Jadikan yang Terdepan

Wali Kota Berharap Yayasan Paliatif Surabaya Terus Bermanfaat bagi Warga

Surabaya, kabargress.com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menghadiri acara Peringatan 20 tahun Yayasan Paliatif Surabaya. Acara itu digelar di Taman Paliatif Jalan Soka, Kecamatan Tambaksari kota Surabaya, Kamis (1/4/20)

Dihadiri langsung oleh Bapak Paliatif Indonesia Prof Dr. Sunaryadi Tejawinata, Ketua Pusat Pengembangan Paliatif dan Bebas Nyeri (P3BN) Urip Murtedjo, Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita, dan Ketua Umum Yayasan Paliatif Surabaya Lizza Hendriadi serta beberapa perwakilan pasien paliatif.

Dalam sambutannya, Eri mengucapkan banyak terimakasih atas Yayasan Paliatif Surabaya yang sudah bergerak selama 20 tahun. Eri berharap, atas pencapaian yang sudah lama ini, akan selalu mendapat Rahmat dari Tuhan YME dan terus bermanfaat bagi warga Surabaya.

Yayasan tersebut juga memiliki sebuah taman Paliatif dan menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia. “Ini lah hebatnya kota Surabaya,” tegas Eri.

Wali kota Surabaya ini juga menjelaskan, bahwa sebenarnya obatnya kanker selain sebuah obat, namun juga salah satunya adalah bahagianya hati dari si penderita.

“Bagaimana kita selalu bahagia, imunnya bisa naik, sehingga perkembangan kanker bisa dihambat. Itu semua karena dari hati,” terangnya.

Eri juga mengungkapkan, bahwa mulai hari ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan dukung penuh Yayasan Paliatif yang ada di kota Surabaya. Dia berharap, Yayasan tersebut bisa dibagi dan bergerak di berbagai wilayah.

“Jadi kita bisa tau daftarnya siapa yang terkena kanker, kita kumpulkan di masing-masing wilayah. Kita buat suatu acara, yang Fa Insyaallah akan membahagiakan sehingga pasien tidak merasa stres,” imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa Pemkot tidak akan bisa tanpa bantuan dari para relawan yang ada di Yayasan Paliatif Indonesia. Karena berkat merekalah, para pasien kanker bisa terbantu dan sembuh dalam menghadapi penyakitnya.

“Kami tidak bisa melakukan itu sendiri. Maka dari itu, kami akan support semua kegiatan yang ada di yayasan, yang tujuannya adalah memberikan ketenangan dan kebahagiaan sehingga kanker dapat sembuh secara bertahap,” pungkasnya. (ZAK)