08/03/2021

Jadikan yang Terdepan

Fawwas Bangkalan dan Salsa Jombang Berhasil Masuk Top 70 LIDA 2021

Surabaya, KabarGRESS.com – M. Fawwas (20), asal Bangkalan dan Tiara Indah Nur Sa’adah (Salsa) (18), asal Jombang, berhasil masuk Top 70 LIDA 2021. Keduanya sukses setelah melewasi proses audisi online LIDA 2021 dan seleksi tahap akhir, hari ini (8/3). Kedua duta Provinsi Jawa Timur ini berkisah perjuangannya hingga berhasil menuju babak Top 70 LIDA 2021.

Fawwas mengaku sangat gembira setelah lolos pada babak ini. Keluarga sangat mendukung keberhasilan dirinya. “Alhamdulillah kali ini lolos masuk babak 70 Top 70 LIDA 2021. Setahun lalu saya ikut audisi LIDA tetapi belum rejeki lolos. Tahun lalu hanya masuk pada golden tiket,” ujarnya.

Menurutnya, audisi online pada LIDA tahun ini lebih berat dibandingkan offline yang diikutinya tahun lalu. “Untuk bikin konten pada audisi online, saya waktu itu di Jakarta di bengkel sehingga untuk mencari tempat yang sunyi dan nyaman harus numpang di tempat kost teman,” tuturnya.

Gimana perasaan setelah lolos Top 70 LIDA 2021, Fawwas mengaku merinding dan terharu. “Tidak nyangka berhasil lolos dan memang semua orang kan harus yakin akan perjuangan meriah impian,” katanya.

Fawwas yang kesehariannya berprofesi sebagai modifikator mobil dan seleb TikTok, mengaku belajar menyanyi secara otodidak dari kelas 2 SMP saat di pesantren. Selain pintar pencak silat juga bisa beatbox, sholawatan serta menyanyi lagu daerah.

Sementara Salsa menuturkan rasa senang dan bangga bisa lolos ke babak ini. “Gimana ya.., saya gak nyangka banget bisa lolos. Alhamdulillah…,” ujarnya.

Sebelumnya, Salsa juga pernah ikut ajang pencarian bakat, yakni Dangdut Academy tetapi belum bisa meraih yang diharapkan.
Susahnya mencari sinyal yang bagus, membikin hati Salsa bimbang akankah lolos pada audisi berbasis online? “Alhamdulillah saya akhirnya masih mendapatkan kesempatan untuk babak selanjutnya,” tukasnya.

Untuk persiapan babak ini, Salsa berlatih menghafal 200 lagu dan tentunya menjaga betul kesehatan. Salsa sejak kelas 5 SD suka menyanyi dangdut dan belajar sinden dari SMP kelas 1.

Seperti diketahui, kompetisi dangdut terbesar di Indonesia LIDA (Liga Dangdut Indonesia) 2021 kembali bergulir di Indosiar. Sebelumnya proses audisi online telah diselenggarakan oleh Indosiar di 34 provinsi yang diikuti ribuan peserta audisi dari bebagai pelosok daerah.

Sejak 6 Maret 2021 Indosiar menayangkan episode Audisi LIDA 2021 dengan mengundang peserta yang lolos ke Jakarta untuk kembali mengikuti seleksi tahap akhir hingga nantinya terpilih 70 Duta Provinsi yang akan berkompetisi di LIDA 2021 dan memperebutkan gelar Juara LIDA 2021 dengan total hadiah senilai Rp1 Miliar. (Ro)