07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Dukung Gernas BBI, KPw BI Jatim Adakan Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur

Surabaya, KabarGRESS.com – Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah dicanangkan Presiden RI sejak tahun 2020, pada 3 Maret 2021 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur di Gedung De Javasche Bank.

Kegiatan yang menghadirkan produk lokal terbaik binaan Bank Indonesia Jawa Timur ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Ketua Dekranasda Jawa Timur, Anggota DPR RI Indah Kurnia dan mitra strategis Bank Indonesia Jawa Timur lainnya.

Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur ini merupakan bagian dari Kick Off penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI). Sebagaimana telah dilakukan rutin secara tahunan oleh Bank Indonesia, KKI 2021 berfokus pada promosi produk kerajinan lokal Indonesia khususnya produk kain, tenun dan kerajinan terbaik dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A. Johansyah menyampaikan bahwa showcase ini merupakan upaya Bank Indonesia untuk mempromosikan produk UMKM Jawa Timur dan mengajak masyarakat untuk memilih produk dalam negeri. Selain itu, Difi juga mengajak masyarakat untuk berkunjung ke Gedung De Javasche Bank yang merupakan cagar budaya peninggalan zaman Belanda, ketika pandemi telah berakhir.

Hadir dalam showcase yang diadakan Bank Indonesia, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengapresiasi inisiatif Bank Indonesia dalam mendukung produk lokal Jawa Timur. Emil berharap dengan diadakannya showcase ini menjadi stimulus yang mampu mendorong kinerja UMKM Jawa Timur menjadi lebih baik di tengah pandemi ini.

Showcase yang diadakan secara terbatas sesuai dengan protokol COVID-19 ini, menghadirkan produk kain premium batik, kerajinan home decor, produk berbahan kulit, kopi premium hingga makanan olahan ikan dan sambal. Pameran tersebut kemudian dirangkai dengan fashion show kain terbaik dari UMKM yang dikreasikan oleh Desainer Gita Orlin.

Kain-kain terbaik tersebut berhasil disulap menjadi gaun yang cantik saat dipamerkan dalam fashion show. Setelah pagelaran busana berlangsung, Bank Indonesia mengajak para tamu untuk menikmati Private Tour Gedung De Javasche Bank sebagai wujud dukungan untuk menggalakkan program Gernas Bangga Berwisata Indonesia. (Ro)