02/03/2021

Jadikan yang Terdepan

Wawali Armudji Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Surabaya, Kabargress.com – Setelah melakukan peninjauan di RS. Dr. Soewandi, Wakil Walikota (Wawali) Surabaya, Armudji, segera menuju salah satu kantor Palang Merah Indonesia (PMI) di Surabaya untuk melakukan donor plasma konvalesen, Selasa (02/03/21).

Segera setelah datang di kantor tersebut, Armudji langsung menuju ke ruang donor plasma konvalesen yang telah disediakan untuk melakukan skrining terlebih dahulu.

Budi Arifah, selaku Kepala UPT Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, mendampingi langsung proses skrining yang dilakukan oleh Wawali.

Tujuan pre-skrining sendiri adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya calon pendonor untuk melakukan pendonoran. Karena untuk mengambil plasma konvalesen sendiri harus dengan kondisi tubuh yang fit agar tidak membahayakan pasien yang akan menerima donor tersebut.

“Mudah-mudahan hasilnya bisa lolos, dan kapan harinya nanti kita kasih tahu untuk donor plasmanya,” harap Armudji.

Armudji mengungkapkan, dia sudah berniat sejak setelah sembuh dari Covid-19 yang dideritanya, untuk membantu pasien lain yang juga masih  terinfeksi Covid-19 dengan cara melakukan donor plasma.

“Donor plasma ini tidak bahaya, yang penting sudah dinyatakan lolos dari pemeriksaan skrining,” tambahnya.

Armudji mengajak seluruh masyarakat Surabaya yang penyintas Covid-19 agar mau mendonorkan plasma konvalesennya bagi pasien yang masih melakukan perawatan.

“Tidak ada yang sakit, kalau kita mau untuk melakukan donor plasma ini,” ungkap Armudji, saat ditemui usai melakukan skrining. (ZAK)