01/03/2021

Jadikan yang Terdepan

Kepala Damkar Dedik Iriyanto: Pemadam Sesungguhnya adalah Para Warga Sendiri

  • Pemadam Kebakaran memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke – 102.

Surabaya, Kabargress.com – Hari ini, Pemadam Kebakaran memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke – 102. Peringatan itu dilaksanakan di lantai 2 gedung balaikota Surabaya, Senin (01/03/21) pagi.

Acara tersebut mengundang Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, Kepala Damkar Surabaya, Dedik Iriyanto beserta para personil Damkar yang ada di seluruh Kota Surabaya.

Dedik Iriyanto, selaku Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Surabaya, mengucapkan selamat ulang tahun bukan hanya untuk para petugas Damkar saja, namun juga kepada seluruh masyarakat Surabaya.

Karena menurutnya, pemadam yang sesungguhnya adalah para warga sendiri. Merekalah yang tanggap memadamkan api dengan sebisa mungkin serta lebih sigap untuk segera lapor kepada pihak terkait.

Para Pemadam Kebakaran sering melakukan sosialisasi terkait penanganan kebakaran yang baik dengan melakukan tindakan di 3 menit awal kebakaran, seperti melapor pada pihak Damkar serta melakukan pemadaman semampu dan sebisa mungkin.

“Jadi sesungguhnya juru padam yang sesungguhnya itu adalah warga,” jelas Dedik.

Selain itu, Dedik juga menuturkan, Damkar akan membantu ketika para warga sudah tidak bisa untuk mengatasinya sendiri. Peralatan dan tenaga mulai dikerahkan ketika telah ada informasi dan penanganan warga sudah tidak bisa dilakukan lagi.

“Harapan kami, di ulang tahun yang ke – 102 ini, tentunya angka terjadinya kebakaran semakin menurun karena semakin sadarnya masyarakat untuk proteksi dini,” ungkapnya.

Dedik membandingkan, di tahun 2019 angka kejadian kebakaran mencapai sekitar 964, dan di tahun 2020, karena adanya pandemi, angka kebakaran turun menjadi sekitar 600. Itu membuktikan bahwa respon dari masyarakat sangat baik sehingga kebakaran bisa dengan cepat diatasi.

Serta adanya permintaan dari Walikota terkait respon time selama 7 menit, berhasil 100% dicapai. Itu membuktikan, kinerja petugas Damkar di Surabaya juga sudah sangat baik untuk menolong masyarakat. (ZAK)