07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Dampak banjir, seluruh keberangkatan KA penumpang tujuan Jakarta hari ini dibatalkan

Surabaya – Cuaca ekstrim di area Daop 1 Jakarta, Minggu (21/02) mengakibatkan perjalanan KA Jarak Jauh terhambat, khususnya dari Jakarta menuju Surabaya atau sebaliknya. Hingga kini, ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh – Lemah abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150cm. Tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air.

Tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air.

Dengan kondisi genangan air yang cukup tinggi tersebut, PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan pembatalan perjalanan KA untuk keseluruhan jadwal keberangkatan Minggu, 21 Februari 2021.

Berikut jadwal KA yang dibatalkan tujuan stasiun Pasar Senen dan Gambir:
Tujuan Pasar Senen

  1. KA 253 Jayakarta (Surabaya Gubeng-Pasar Senen)
  2. KA 129 Dharmawangsa (Surabaya Pasarturi-Pasarsenen)

Stasiun Gambir

  1. KA 75 Bima (Surabaya Gubeng-Gambir)
  2. KA 77 Sembrani (Surabaya Pasarturi-Gambir)
  3. KA 3 Anggrek (Surabaya Pasarturi-Gambir)
  4. KA 71 Gajayana (Malang-Gambir)

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di wilayah Daop 1 Jakarta yang diakibatkan tingginya curah hujan sehingga mengakibatkan banjir.

“Kami atas nama Manajemen KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Kedunggedeh – Lemahabang, Kab. Bekasi,” ujar Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif. (Ro)