19/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pertahankan Zero Accident, PT PJB Luncurkan Aplikasi Pendeteksi Kebakaran di Unit Pembangkit

Surabaya, KabarGRESS.com – Menutup penyelenggaraan Bulan Kesehtatan dan Keselamatan Kerja Nasioanal, PT PJB menggelar seremony penganugerahan penghargaan yang diikuti oleh seluruh unit pembangkit PJB sekaligus meresmikan aplikasi fire risk assessment berbasis web yang bernama First. Acara yang digelar pada Kamis (18/2) ini dihadiri oleh DR. Ghazmahadi, ST., MM, Direktur Pengawasan Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja Republik Indonesia dan Komang Parmita
Executive Vice President HSSE PT PLN Persero.

Bulan K3 Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Januari tiap tahunnya menjadi kesempatan bagi PT PJB untuk meningkatkan semangat insan PT PJB untuk bangkit Bersama menghadapi tantangan pandemic Covid-19 tanpa mengesampingkan terwujudnya zero accident di seluruh unit pembangkit yang dimiliki dan dikelola oleh PT PJB.

Salah satu peran penting guna terwujudnya hal ini adalah kontribusi pimpinan untuk melakukan pengawasan pada pegawai dan tenaga alih daya serta memastikan tersedianya sarana protokol kesehatan yang mencukupi di lingkungan kerja, serta sebagai pengambil keputusan untuk selalu mengacu pada keselamatan dan kesehatan kerja. Maka, tahun ini PT PJB mengusu tema “Safety Leadership Sebagai Prinsip Dalam Bekerja Guna Memperkokoh Safety Culture dan Resilience (Ketahanan) untuk mencapai Zero Accident di PT ¬PJB”,

Pada acara yang dilaksanakan melalui daring Zoom ini juga sebagai momentum untuk merilis aplikasi bernama First. Aplikasi fire risk assessment berbasis web dan android ini didedikasikan untuk membantu personil yang ditunjuk dalam melakukan assessment keselamatan kebakaran di pembangkit listrik yang meliputi kegiatan pengumpulan data, analisis, serta pelaporan

Aplikasi ini mengadopsi kerangka manajemen risiko berbasis ISO 33001 serta panduan teknis standart NFPA 551, FMDS, SNI, PJB Fire Protection Standart Guideline dan SPLN. FIRST juga menyajikan informasi yang terstruktur dan menyeluruh untuk pengampu pengambil kebijakan aset serta top management dalam wujud dashboard yang interaktif dan real time

Tujuan dari dirilisnya aplikasi ini dilatarberlakangi oleh PT PJB yang sebelumnya belum memiliki form outlining/monitoring system untuk memantau kondisi fire safety di setiap unit pembangkit dan tidak ada alat/software yang dapat memantau kesesuaian fire safety yang terpasang di unit pembangkit. Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi sistem tata kelola risiko kebakaran yang handal, tingkat risiko dapat termonitor sehingga dapat meminimalisir risiko kebakaran.

Pada kesempatan ini, Direktur Operasi 1 PT PJB, Sugiyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unit beserta anak perusahaan yang telah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan di bulan K3 2021 sehingga dapat terlaksana dengan lancer dan sukses di tengah pandemic Covid-19.

Sugiyanto juga menyampaikan, “Sistem & standard K3 yang bagus sekalipun tanpa didasari disiplin eksekusi maka tidak akan efektif untuk pecegahan terjadinya kecelakaan kerja. Alhamdulillah transformasi K3 di PT Pembangkitan Jawa Bali bisa terjadi karena seluruh Bidang & para Leader bersinergi dalam format safety leadership”.

Di tengah pandemic Covid-19, PT PJB menyelenggarakan bulan K3 yang disambut antusias oleh seluruh unit pembangkitnya. Adapun rangkaian lomba bulan K3 sebagai berikut :

  1. Lomba Emergency Response Preparedness; Penjuriannya dilakukan pada tanggal 3 – 5 Februari 2021
  2. Lomba Tata Graha 5S; Telah dilaksanakan pada tanggal 18 – 29 Januari 2021
  3. Apresiasi Implementasi Izat; Telah dilaksanakan pada 1 Desember – 11 Februari 2021
  4. Lomba Video Kreatif; Telah dilaksanakan pada 4 – 11 Februari 2021
  5. Lomba Safety Creative Paper; Telah dilaksanakan pada 4 – 11 Februari 2021
  6. Lomba Safety Quiz; Telah dilaksanakan pada 11 Februari 2021

Seluruh kegiatan lomba bulan K3 2021 diatas dilakukan dengan metode daring atau virtual karena kondisi pandemi covid 19 masih berlanjut serta untuk mengantisipasi penyebaran covid di lingkungan PT Pembangkitan Jawa Bali & anak perusahaannya. (ro)