07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Auto2000 Jelaskan Pemicu Karat Timbul dan Cara Mencegahnya, Serta Informasi Elektrifikasi Mobil Toyota di Acara Ngovi2000

Surabaya, KabarGRESS.com – Salah satu masalah laten di tengah cuaca tidak menentu seperti sekarang ini adalah karat. Karat yang dialami oleh logam terjadi karena adanya reaksi kimia atau korosi dengan akibat kerusakan di permukaan besi, termasuk sasis dan bodi mobil. Ibarat kanker di tubuh manusia, karat akan menyebar dengan cepat dan sulit diatasi jika sudah mencapai level parah.

Di tahap ini AutoFamily membutuhkan keahlian tim Body & Paint (BP) Auto2000 untuk mengembalikan bodi mobil ke kondisi semula. Sebelum kerusakan terjadi, AutoFamily bisa melakukan langkah pencegahan sehingga karat tidak timbul di bodi mobil.

Pemicu Karat Muncul

Salah satu pemicu karat mudah tumbuh adalah kandungan mineral yang tinggi pada air laut. Makanya, pemilik mobil yang tinggal atau sering beraktivitas di wilayah dekat pantai harus lebih hati-hati merawat mobilnya karena sifat air laut yang korosif. Berikutnya adalah air hujan yang juga mengandung mineral dan memiliki tingkat keasaman tinggi, terutama di wilayah perkotaan dengan level polusi tinggi.

Benturan atau tabrakan yang membuat cat mobil terkelupas bisa dimanfaatkan oleh karat untuk tumbuh lantaran hilangnya lapisan pelindung bodi mobil. Termasuk kotoran seperti lumpur atau kotoran binatang yang dapat mengikis permukaan cat. Atau yang sepele, penggunaan alat mencuci mobil seperti sikat kawat atau cairan pembersih yang terlalu kuat dapat mengikis lapisan cat atau anti karat.

Cara Mencegah Karat

Kunci dari pencegahan proses korosi di bodi mobil adalah menjaga kebersihan mobil seoptimal mungkin. Di tengah kondisi cuaca tidak menentu seperti sekarang, AutoFamily harus mencuci mobil sesering mungkin untuk memastikan sisa air hujan dan kotoran tidak menempel. Pastikan mobil kering sempurna dan tidak lembab, terutama area kolong, celah dan sambungan di mobil yang merupakan bagian paling rawan karat.

Perhatikan jika ada bagian mobil yang terkikis lapisan cat atau anti karatnya dan segera perbaiki di fasilitas BP Auto2000. Termasuk untuk mobil yang pernah terlibat kecelakaan sehingga bodi baret atau penyok, segera diperbaik dan jangan menunggu terlalu lama dengan alasan untuk menghemat biaya asuransi atau belum sempat. Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily bisa memesan layanan body repair Auto2000 melalui menu Booking Servis di Auto2000 Digiroom.

Untuk memeriksa bodi mobil dari potensi karat, AutoFamily bisa berkonsultasi dengan service advisor Auto2000. AutoFamily juga bisa melakukan pelapisan ulang anti karat karena seiring waktu lapisan tersebut akan menipis. Cukup dengan masuk ke menu Aksesoris di Auto2000 Digiroom, AutoFamily bisa memesan layanan pelapisan anti karat di bengkel Auto2000 dengan keuntungan garansi 1 tahun atau 20.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

“Jangan pernah remehkan karat karena begitu terdeteksi butuh tindakan segera agar tidak menjalar dan merusak bodi mobil. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan bodi mobil Toyota milik AutoFamily di bengkel BP Auto2000, termasuk melakukan pelapisan ulang anti karat di bagian yang membutuhkan, cukup dengan memesan via Auto2000 Digiroom,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Kamis (18/2/2021).

Ngovi2000 Mengenai Elektrifikasi Kendaraan Toyota

Jangan lewatkan kesempatan menyaksikan acara Ngovi2000 dengan tema Menuju Era Elektrifikasi Mobil di Indonesia yang akan disiarkan melalui kanal YouTube Auto2000 ID pada hari Sabtu, 20 Februari 2021 pukul 11.00 WIB. Dalam kesempatan ini, Martogi Siahaan (CEO Auto20000), Anton Jimmy (Marketing Director PT. Toyota Astra Motor), dan Dr.Ir. Riyanto, M.Si (Senior Researcher LPEM FEB UI) akan menjadi pengisi acara tersebut dengan dipandu oleh Lenna Tan sebagai Host. Di acara ini juga akan dibahas terkait elektrifikasi mobil Toyota Secara Global dan di Indonesia secara spesifik, komitmen Toyota untuk mendukung program elektrifikasi mobil di Indonesia saat ini dan di masa depan, kontribusi Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia untuk mensuksekan Elektrifikasi Mobil di Indonesia, serta yang juga menarik akan ada info terkini terkait relaksasi PPnBM yang rencananya akan dilakukan oleh pemerintah di tahun 2021. Penjelasan lebih detilnya AutoFamily dapat saksikan acara ini di YouTube Auto2000 ID dan jangan lupa untuk mensubscribed YouTube Auto2000 ID. (Ro)