16/02/2021

Jadikan yang Terdepan

MELONGOK PESONA WISATA BELIMBING WATES SARI

DESA Wates Sari Balungbendo semakin di kenal luas masyarakat. Hal itu berkat sentuhan Kades Wates Sari Sukisno. Desa berpenduduk 1.058 KK , dengan luas wilayah 1.083 ha ,terdiri dua dukuh , Jatisari dan Wates Sari terus berupaya meng- eksplore potensi desa nya.

Membangun infrastruktur jalan desa , membangun mindset warga agar supaya bersedia berwira usaha . ” Pelan – pelan di bangun pola pikir warga agar bersedia buka usaha ,” katanya.

Cak Kisno demikian Kades Wates Sari akrab di sapa warganya , adalah sosok kades pemikir dan doyan kerja. Untuk memfasilitasi warganya berwira usaha Dia menyediakan lahan untuk usaha kuliner desa.

Sebab ia pahami dengan kesadaran berwira usaha , upaya yang dilakukan desa meningkatkan kesejahteraan ekonomi warganya bakal mampu di wujudkan.

Ditengah gayengny obrolan , Cak Kisno tanpa rikuh menyodorkan beberapa pek kue lengkap piringnya . ” Ayo mas, di incipi dulu . Ini kue serabi khas Wates Sari ,” Cak Kisno mempersilahkan.

Benar juga kue serabi rumahan hasil karya warga Wates Sari memang beda dengan kue sejenis di luaran. Rasanya khas , manisnya sedang dan santannya halus di tenggorokan .

” Luar biasa ,” puji Salah satu tamu yang kebetulan ikut menikmati lezatnya kue serabi Wates Sari.

Enovasi Cak Kisno membawa Desa Wates Sari tak kenal kata henti. Desa dengan hampir 2 ribu pohon belimbing menjadi objek wisata baru satu – satunya di kabupaten Sidoarjo. Dan itu hanya ada di Desa Wates Sari Balungbendo , Sidoarjo barat ( Sibar).

Wisata Belimbing yang di kelola langsung oleh Badan Usia Desa ( BumDEs) , yang tambah Cak Kisno menkontribusi pendapatan bagi BumDes. Ibu – ibu PKK Desa bersama warga , telah merasakan keberadaan wisata Belimbing tersebut .

Lantaran manfaat ke ekonomian telah menyuguhkan bukti saat panen Perdana itu warga pun bergandeng tangan mensukseskan kinerja Kades Sukisno dalam membumikan Agro wisata Belimbing lengkap dengan WaterPark Mini yang merupakan salah satu program Inkubasi Inovasi Desa Wates Sari (*)

BERSAMBUNG..