04/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Bupati Tinjau Lokasi Banjir Kecamatan Rejotangan

Tulungagung, KabarGress.com – Mendengar banjir bandang yang menimpa rumah warga dan sawah warga Desa Sumberagung dan Desa Belimbing. Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Bhirowo,MM lansung turun dengan di dampingi OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten ( Pemkab ) dan Forpimka Kecamatan.

Bupati pun langsung menelusuri sawah dan rumah warga yang berada di sepanjang tepi sungai Desa Sumberagung yang terkena banjir bandang.

Kemudian mengintruksikan kepada pihak terkait agar memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak dan memerintahkan Dinas Pertanian segera turun memberikan bantuan benih padi ke petani yang gagal panen ( puso ) serta meminta BPBD untuk melakukan perbaikan kerusakan jalan, talut maupun rumah warga.

Menurut warga banjir dadakan itu telah merusak rumah maupun tanaman warga, imbas curah hujan di wilayah pegunungan Kabupaten Blitar Selatan yang begitu tinggi selama tiga hari antara pukul 13.00 wib sampai 15.00 wib.

Akibat arus air hujan di aliran sungai Desa Sumberagung yang meluap, sehingga menggenagi rumah dan sawah warga dengan ketinggian air mencapai 30 cm sampai 50 cm selama tiga jam lamanya.

Banjir Bandang berdampak kerusakan benih padi yang baru di tanami petani. Setiap tahun bila hujan turun air sungai pasti meluap banjir, tapi, tidak meluap seperti ini banjir bandang ” , tandasnya . (Adn.)