02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Plt Walikota dan Kapolrestabes Pantau Kegiatan Donor Plasma Konvalesen

Surabaya, Kabargress.com – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana bersama Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddison Isir memantau kegiatan Donor Plasma Konvalesen, bertempat di PT SIER, Selasa (02/02/21).

Pemantauan bertujuan memberi edukasi orang-orang yang pernah terjangkit virus Corona untuk membagi plasma konvalesennya kepada para korban Covid-19 yang tengah melakukan perawatan.

Whisnu juga berencana mengajak seluruh jajaran pemerintah kota (Pemkot) Surabaya untuk bisa melakukan screening pendonoran plasma konvalesen ini. “Alhamdulillah Surabaya hari ini adalah yang terbaik di Indonesia untuk donor plasma ini. Stok kita lebih banyak daripada Jakarta,” puji syukur Whisnu.

Selain jajaran pemerintahan, Whisnu juga mengajak seluruh masyarakat Surabaya penyintas Covid-19 untuk berani mendonorkan plasmanya bagi para korban Covid-19 yang sedang melakukan perawatan.

“Yang kita harapkan, dengan gerakan seperti ini yang semakin masif lagi, arek Surabaya bisa lebih cepat lagi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” ungkap Whisnu.

Sementara itu, Kombes Pol Johnny Eddison Isir menambahkan pemantauan ini bertujuan untuk memberikan dorongan moral dan semangat kepada masyarakat Surabaya untuk berani mendonorkan plasma konvalesen bagi korban Covid-19.

“Ini demi kemanusiaan. Untuk menolong warga kita yang sedang dirawat, dengan kondisi klinis yang kritis, yang berat ataupun sedang,” ungkapnya.

Dia berharap di Surabaya bisa terbangun sistem yang terintegrasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang tetap berada dalam koordinasi Satgas penanggulangan Covid-19.

“Harapannya banyak yang makin sembuh, durasi warga kita yang sakit yang dirawat di rumah sakit semakin pendek, kemudian vatalitasnya bisa kita tekan,” ucap Jhonny. (ZAK)