27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pemkot Surabaya Mulai Persiapkan Vaksinasi

Joice Hestia Nugrahanti

Surabaya, KabarGRESS.com – Persiapan vaksin di Kota Surabaya telah diatur sedemikian rupa oleh pemerintah kota (Pemkot) Surabaya. Mulai dari penjagaan vaksin yang disimpan hingga persiapan vaksinasi yang dilakukan oleh seluruh rumah sakit dan Puskesmas yang ada di Kota Surabaya.

Salah satunya Puskesmas Ketabang, yang berada di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Kel. Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya. Puskesmas tersebut telah melakukan simulasi terkait dengan vaksinasi yang akan segera diselenggarakan.

“Semua Nakes yang ada di Puskesmas atau rumah sakit sudah melakukan pendaftaran melalui SISDMK. Dan nanti setiap peserta mendapatkan SMS blast,“ ujar Joice Hestia Nugrahanti, selaku Kepala Puskesmas Ketabang Surabaya.

Tuturnya, akan disiapkan 4 meja dalam proses vaksinasi nantinya. Yang pertama adalah meja pendaftaran dan verifikasi, yang kedua meja yang digunakan untuk skrinning, yang ketiga ada meja untuk vaksinasi, dan yang terakhir ada meja untuk monitoring dan observasi.

Ada 39 orang tenaga kerja yang akan menerima vaksin. Namun, vaksin akan dikirim ketika sudah menjelang H-1, saat para petugas sudah mendapatkan SMS blast, lalu dilakukan printing jumlah orang yang menjadi sasaran vaksinasi, dan melakukan pengiriman surat tugas dan jumlah sasaran tersebut ke Gudang Farmasi Kota (GFK).

“Ngambil dari GFK, nanti kita memakai vaksin carrier, dimana ada termometer di luarnya dan ada cool jel di dalamnya,” terangnya.

Hestia mengatakan, pengambilan vaksin akan dilakukan selama seminggu sekali, dalam jumlah yang sesuai sasaran. Proses vaksinasi juga tidak dilakukan secara serentak, karena dilakukannya pendaftaran ulang, maka vaksinasi bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Dengan diberlakukannya jadwal yang tidak serentak ini, diharapkan agar pelayanan rumah sakit maupun Puskesmas dapat berjalan dengan normal dan seperti biasanya. (Jak)