20/01/2021

Jadikan yang Terdepan

DPMD SIAP MENDORONG PENINGKATAN PELAYANAN PRIMA PEMERINTAHAN DESA

Tulungagung, KabarGress.com – Era digitalisasi, internetisasi bukan hanya penting ,tapi urgent bagi desa untuk meningkatkan kinerja layanan masyarakat.

Layanan bersifat konvensional kedepan suka tidak suka pasti bakal ditinggalkan. Dengan sistem internetisasi layanan akan menjadi lebih ringkas, cepat dan efektif.

Masyarakat tidak lagi di sibukan pengurusan surat yang berantai, dengan internet kebutuhan masyarakat memperoleh layanan prima bakal mampu di wujudkan.

Sebab Internet masuk desa , dan smart desa mampu menghandle sistem layanan yang cepat, dan optimal.

Misalnya, terkait pengurusan NIK, Perijinan , BUMDes , pembuatan surat kematian, termasuk data – data masyarakat.

Dengan hadirnya pelayanan di era globalisasi. Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa ( DPMD ) Kabupaten Tulungagung, Eko Asistono melalui Kasubag Perencanaa, Inggit mengatakan, untuk pelayanan prima sudah ada anggaran di dalam APBDes melalui bidang satu dan bidang bidang yang lain.

” Semua sudah ada aturannya sesuai petunjuk dan arahan di dalam peningkatan baik bidang pelayanan maupun bidang pembangunan,” katanya.

Yang jelas dalam pengendalinya tulnya lewat sikeuides. Dan operator desa sudah siap di dalam pelayanan dan Kalau Keterkaitan data kependudukan di kembalikan kepada kewenangan desa masing masing intinya peningkatan pelayanan prima tetap kita dorong untuk memacu pelayanan ke masayarakat desa masing masing, kita pastikan mendorong kearah pelayanan prima luas dan menjangkau. DPMD secara menerus melakukan pembinaan agar desa lebih mengembangkan capaian pelayanan mumpuni dapat dirasakan masyarkat,

” Pelayanan mulai dari rasa aman dan meningktakan ekonomi masyarakat serta gerakan desa ramah anak ( gerak gencar ), klinik bumdes, konvergenci stunting, sinando ( sinau neng Deso ) yaitu pengolahan sumberdaya alam basis teknologi tepat guna,” jelasnya Kamis ( 14/1 ). (Adn)