27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

BELUM ADA KEPASTIAN PELAKSANAAN JAMAAH HAJI DIBUKA KEMBALI

Tulungagung. KabarGress.com – Kepala Kantor Kementerian Agama melalui Kepala Seksi PHU Kemenag Tulungagung, H.Imam Saeroji menyampaikan, dengan harapan semoga pandemi covid – 2019 segera berakhir. Vaksin sudah akan mulai di distribusikan.

” Kalau wilayah sudah efektif dan pemerintah Arab Saudi sudah membuka secara total, seratus persen calon jamaah kita siap berangkat. Seumpama pun persyaratan calon jamaah haji harus di vaksin insyaallah bersedia. Melihat setiap harinya makin banyak calon jamaah yang mendaftar dengan daftar tunggu,” ujarnya

” sejak tahun 2019 hampir dua setengah kloter calon jamaah haji atau 1350 calon jamaah berangkat menunaikan ibadah haji, “ucap Saeroji, Selasa ( 5/12 ).

Untuk di 2020 calon jamaah haji sekitar 1.200 dan tidak bisa berangkat karena pandemi covid – 19.
Dan di 2021 kita belum ada kepastian berapa persen yang di berangkatkan calon jamaah haji, belum ada kabar, jelasnya.

Opsi terakhir, bagi calon jamaah haji yang sudah melunasi dan tidak bisa berangkat dan uang yang sudah di setorkan bisa di ambil atau tetap disini, karena saat keberangkatan nanti, uangnya yang tidak di ambil akan di pertanggung jawabkan PPKH.

” Untuk 2021 Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji ( BPIH ) sekitar Rp 35 juta lebih, kalau biaya sama tidak ada tambahan bila kelebihan biaya yang sudah di setorkan akan di kembalikan, kalaupun situasinya normal penambahan biaya tidak begitu besar, ” terangnya.

Beda dengan umroh bisa langsung ke perusahaan travel yang sudah ada ijin rekomendasi dari kemenag, sifatnya kemenag hanya mengeluarkan rekomendasi kepada biro travel yang sudah bekerjasama. Untuk Tulungagung trevel yang miliki rekomendasi Arafah Mina, sedangkan trefel satunya sementara masih belum proses ijin, masih ada satu trevel yang miliki ijin.

Menurutnya bagi yang hendak umroh bisa berangkat dari Jakarta atau dari Kota atau Kabupaten lain. Sesuai data KTP otomatis calon umroh kembali kealamat masing masing, perkara milih travel terserah di mana saja bisa. (Adn)