16/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PANDEMI COVID , GEREJA KATOLIK ROMA LAKSANAKAN MISA NATAL SECARA SEDERHANA

Misa Natal

Tulungagung, KabarGress.com – Gereja Katholik Roma Tulungagung melaksanakan Misa ( Ibadat) Natal . Ibadat Natal di pimpin Kepala Patogi Gereja Katholik Roma RD Siprianus Yitno.

Didik Pirmanto menerangkan Ibadat natal di bagi menjadi tiga sesi pukul 07.00 wib dan pukul 10.00 wib serta pukul 18.00 wib. ” Ibadat misa dibagi jadi tiga sesi ,”ucap Dewan Paroki Santa Maria, Didik Pirmanto, di halaman gereja Katholik Roma Jumat ( 25/12 /2020) sore.

Misa Natal kali ini berbeda dengan tahun kemarin. Dimana karena Pendemi Covid 19 umat yang mengikuti Misa hanya 20 persen dari 2500 umat. ” Menurunnya umat yang mengikuti ibadat natal ke gereja boleh jadi karena pandemi Covid ,” katanya

Didik lebih lanjut menegaskan bahwa dua Gereja KWI dan Gereja Aku Imanuel mengusung tema : Dia Imanuel ,” Artinya Tuhan beserta kita ,” imbuh Didik . Sedangkan untuk Romo Karolus Jandri distasi Wilayah Ngunut dan Trenggalek terdapat 500 umat.

Pelaksanaan peribadatan Natal lanjutnya tetap mematuhi Protokol Kesehatan ( Prokes), yaitu memakai masker , jaga jarak ( Phisycal Distancing) , bawa hand sanitizier dan spary.

Puji tuhan misa tanpa kendala berjalan lancar. Mudah mudahan umat tidak ada yang terkonfirmasi pandemi. Lansia yang tidak bisa mengikuti sudah di kunjungi di kumpulkan di salah satu rumah sebanyak 15 lansia besok Sabtu dilanjutkan kunjungan.

” Aksi sosial pembagian 500 paket sembako sudah berjalan dilanjutkan besok sabtu pemberian paket sembako kemasyarakatan ,” terang dia

Dengan keprihatinan gereja – gereja berdoa agar pandemi hilang dari dunia. Hidup normal kembali membangun hubungan ke masyarkat yang lebih baik. Tetap berdoa berusaha tuhan selalu hadir saat kita butuh. Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk semua. Semoga peribadatan normal kembali, pembinaan terhadap anak – anak di tingkatkan terus agar imannya lebih kuat.

Selain itu Hubungan antar umat beragama dilakukan. Termasuk membangun komunikasi dengan kalangan kyai NU, dan Muhammadyah. Dan aktif mengikuti forum kerukunan umat beragama . (Adn)