07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

PJB Resmi Melaksanakan Kuliah Perdana Kampus Merdeka

Surabaya, KabarGRESS.com – Setelah menandatangani kerjasama pelaksanaan Kampus Merdeka dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tanggal 18 Agustus 2020 lalu, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) melakukan pembukaan kuliah kampus merdeka secara virtual pada Senin (23/11) pagi ini sebagai penanda dilaksanakannya kuliah perdana yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Teknik UGM di unit-unit PJB pada program Kampus Merdeka besutan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia.

Acara Pembukaan Kuliah Perdana Kampus Merdeka dimulai dengan laporan Ketua Pelaksana Program, Denik Putri Perdani selaku General Manager PJB Academy. Pada paparannya, beliau menjelaskan terkait kontribusi PJB dalam program Kampus Merdeka. Program ini memiliki delapan kegiatan pembelajaran, dimana PJB berkontribusi pada poin ‘Magang/Praktik Kerja’ di industri. Dimulai dari bulan November 2020 hingga bulan Mei 2021, 18 orang mahasiswa UGM akan melaksanakan magang dengan 9 proyek yang telah dipetakan dan tersebar di 4 unit, mulai dari UP Paiton hingga UBJOM Indramayu.

Untuk memastikan program Kampus Merdeka berjalan sesuai dengan nilai-nilai yang ada, PJB juga telah menyiapkan 11 mentor dan 13 co-mentor yang akan menjadi pendamping para mahasiswa magang. Pada akhir program magang, terdapat presentasi akhir dan uji sertifikasi kompetensi, sehingga lulusan program magang Kampus Merdeka dari PJB dapat memiliki kompetensi yang dibutuhkan baik secara teori maupun praktis.

Program Kampus Merdeka yang dilakukan oleh PJB turut disambut baik oleh UGM selaku pihak akademik yang bekerjasama. Pada paparan yang diberikan oleh Ir. Muhammad Waziz Wildan, M.Sc., Ph.D selaku Dekan Fakultas Teknik UGM, program Kampus Merdeka menjadi medium bagi UGM untuk dapat memenuhi capaian pembelajaran program studi yang telah ditetapkan. Selain itu, program Kampus Merdeka juga dinilai sebagai program magang yang berkualitas dikarenakan memiliki format yang berbeda dari program-program magang yang pernah ada sebelumnya.

Kesiapan PJB dalam melaksanakan program Kampus Merdeka ditunjukkan melalui kelengkapan fasilitas yang telah disediakan oleh Perusahaan baik berupa perlengkapan untuk menunjang magang para mahasiswa hingga best practice yang akan diberikan oleh para mentor ataupun co-mentor. Iwan Agung Firstantara selaku Direktur Utama PT PJB, turut menyatakan semangatnya melalui sambutan yang diberikan.

“Program Kampus Merdeka yang dijalankan oleh Unit PJB Academy ini adalah salah satu bentuk dukungan PJB terhadap akselerasi inovasi di bidang pendidikan melalui beberapa kegiatan pembelajaran. Melalui PJB Academy, PJB tidak hanya bertindak sebagai sebuah instansi atau korporasi yang memberikan fasilitas belajar dan berkreasi, namun juga menjadi tempat kedua bagi para mahasiswa dalam mematangkan diri sebelum memasuki dunia kerja” pungkasnya.

PJB sebagai anak usaha BUMN pertama yang melaksanakan Kuliah Perdana ini juga mendapatkan apresiasi dari Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Beliau menyampaikan apresiasinya terhadap kesigapan PJB dalam mewujudkan program-program dari Kementerian tersebut. Terlepas dari pelaksanaan program Kampus Merdeka, harapannya setelah program ini PJB dapat terus bersinergi dengan Kementerian melalui beragam program lainnya, serta memperluas jaringan perusahaan dengan instansi pendidikan lainnya. (ro)