03/12/2020

Jadikan yang Terdepan

PENGRAJIN BATIK Eco-PRINT SAMBUT PENGUATAN UMKM PASLON BeRKELAS KELANA – DWI ASTUTIK

Taufik dan Mbak Riski Mentor Pengrajin Batik EcoPrint

Sidoarjo, KabarGress.com – Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian alam menjadikan trend gaya hidup ramah lingkungan semakin digemari dan merambah luas merambah ke berbagai sektor usaha. Tidak terkecuali dengan trend adi busana khususnya batik. Akhir-akhir ini berkembang batik eco- print komtemporer yang mulai menjelajah dalam khasanah batik etnik disamping batik tulis dan batik cap.

Ibu ibu PKK Peserta Bimtek EcoPrint

Sesuai namanya ecoprint berasal dari kata eco asal kata ekosistem (alam) dan print yang artinya mencetak. Yang artinya batik ini dibuat dengan cara mencetak bahan” yang ada di alam sekitar sebagai kain, pewarna maupun pembuat pola motif. Bahan yang digunakan adalah dedaunan, bunga, batang bahkan ranting. Tidak seperti batik tulis atau batik cap yang pada tahap tertentu menggunakan bahan kimia, ecoprint menggunakan unsur” alami tanpa menggunakan bahan kimia dan sintetis. Karena itulah batik ecoprint ini sangat ramah lingkungan tanpa menimbulkan pencemaran air, tanah dan udara.

Menyambut program penguatan UMKM Paslon BerKELAS Kelana Kelana – Dwi Astutik , Kali ini Departement UMKM Parade dibawah komando Mbak Riski memberikan pelatihan kepada ibu” PKK di juwet kenongo porong dgn tujuan nantinya menciptakan wirausaha baru khususnya batik ecoprint ini.

Taufik Wijaya Pendamping UMKM BNSP dari Parade Nusantara berharap kedepannya kegiatan pelatihan spt ini bisa dilakukan secara intens dimasing” kecamatan karena program pelatihan ini sangat efektif dan sangat dibutuhkan masyarakat. Saat ini UMKM menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat sidoarjo dengan kontribusi 86% di sektor usaha di Sidoarjo dan mrpk sektor usaha yang eksis dan bertahan disaat pandemi covid.

Salah Satu Program Paslon 3 Kelana-Astutik yaitu fokus untuk memperkuat UMKM disidoarjo setidaknya dapat disinergikan dgn program dr Parade Nusantara ini untuk membangun dan memperkokoh perekonian Sidoarjo.

Taufik Wijaya jg berkomitmen jika nntnya Parade Nusantara bukan hanya membangun wirausaha baru tetapi tetapi juga akan melakukan pendampingan utk para pelaku UMKM sampai Naik Kelas. Dia jg berharap jika nnt nya Pak Kelana menjadi Bupati Sidoarjo akan dibentuk yang namanya Badan Otoritas UMKM yang nantinya bertugas untuk melakukan pembinaan dan pendampingan yg berkesinambungan untuk para pelaku UMKM di sidoarjo mulai dari peningkatan mutu produk hingga menciptakan pasar baru utk produk para pelaku UMKM di Sidoarjo. ( Ery)