28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

UMKM BERJAYA FOKUS MAS KELANA -DWI ASTUTIK

Mas Kelana – Dwi Astutik

Sidoarjo , KabarGress.com – Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM) harus di dorong dan di fasilitasi supaya bergeliat kembali. ” UMKM sebagai tulang punggung ekonomi masyarakat harus di dorong serta di fasilitasi supaya tetap bisa survef ,” ujar Mas Kelana , Sabtu ( 17/10/2020)

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Sidoarjo terdapat 206. 746 UMKM tersebar pada 18 Kecamatan. Namun tidak semua aktif . Saat ini hanya sekitar 7 ribuan UMKM yang aktif.

” Saya kira harus terus di dorong dan di fasilitasi supaya mereka bisa hidup dan berkembang ,” katanya

Para pelaku usaha UMKM tidak di biarkan berjalan sendiri. Namun tetap di kawal sampai pelaku UMKM benar – benar bisa survef dan mandiri. Selain sumber daya manusia ( SDM) edukasi ,permodalan dan pemasaran menjadi satu kesatuan yang tidak dapat pisahkan.

Dilihat dari data yang ada UMKM di kabupaten Sidoarjo memang tumbuh subur. UMKM bergerak dalam bidang produksi tas ,sepatu ,sabuk dan jaket kulit di kawasan Kludan Kecamatan Tanggulangin . Sandal sepatu dan sabuk di kawasan Brebek Kecamatan Waru , UMKM bergerak Kompeksi ,industri kerupuk rumahan , daerah Tulangan , dan UMKM bergerak produksi tahu dan tempe .

Dari sektor perikanan budidaya darat seperti Bandeng adab, Nila panggang ,ikan lele , Kabupaten Sidoarjo cukup lengkap . Soal UMKM mendapat atensi besar Paslon No3 Mas Kelana – Dwi Astutik.

Terkait home industry produsen tahu ,tempe dan turunannya di kabupaten Sidoarjo Mas Kelana memperoleh kuota impor kedelai dari Pemerintah Ghana yang volumenya cukup besar untuk memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan tempe dan tahu industri kecil UMKM.

Pada intinya semua produk UMKM seperti ,tas,sepatu jaket kulit , sandal menurut Mas Kelana mesti di dorong dan di back up ,baik segi permodalan maupun pemasarannya.

“. Mudah mendapatkan bahan baku, produksi lancar dan produk nya cepat terjual ,” tandas Mas Kelana sambil menambahkan , bergeliatnya UMKM giliranya akan banyak membuka lapangan kerja untuk masyarakat luas (.Ery)

Bersambung…