27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

WIKA Beton Susun Ulang Target Kinerja 2020

Jakarta, KabarGRESS.com – PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) melakukan revisi atas target kinerja 2020 yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama WIKA Beton Hadian Pramudita pada agenda Public Expose WIKA Beton yang dilaksanakan secara online pada Kamis (27/8).

WIKA Beton memutuskan untuk menyusun ulang target kinerja dengan rincian sebagai berikut: target perolehan kontrak baru yang sebelumnya sebesar Rp 11,47 triliun diubah menjadi Rp 5,25 triliun. Angka target penjualan yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 9,5 triliun direvisi menjadi Rp 5 triliun. Untuk angka laba bersih, WIKA Beton memutuskan untuk mengganti dari target Rp 561 miliar menjadi Rp 107 miliar.

“Hal ini kami pandang perlu mengingat sektor konstruksi mendapat imbas yang cukup besar dari pandemi COVID-19,” jelas Hadian, “Kami tetap optimis WIKA Beton mampu bertahan dalam situasi yang cukup menantang ini.”

Selain merevisi target, WIKA Beton juga melakukan langkah-langkah strategis untuk menjaga kinerja perusahaan antara lain dengan menerapkan program cost reduction (efisiensi biaya) pada seluruh unit Perseroan, memaksimalkan penjualan atas kontrak lama, monitoring jadwal produksi dan distribusi untuk mengendalikan persediaan dan melakukan percepatan bila dibutuhkan, optimalisasi sumber daya yang memberikan benefit maksimal, mengamankan klausul di kontrak terkait pengakuan progress produksi, distribusi, dan pemasangan, serta mempercepat penagihan.

Kinerja WTON Semester I 2020

Sementara itu, hingga kuartal kedua tahun 2020 ini WIKA Beton mencatatkan omzet kontrak sebesar Rp 1,44 triliun. WIKA Beton juga membukukan laba bersih sebesar Rp 34,178 miliar dengan omzet penjualan tercatat sebesar Rp 1,87 triliun.

Beberapa proyek besar yang menyumbang performa Perseroan hingga Juni 2020 ini masih didominasi oleh proyek di bidang infrastruktur sebesar 71,46%, disusul proyek di sektor industri sebesar 13,20%, dan sisanya berasal dari sektor energi, property, dan pertambangan masing-masing menyumbang sebesar 9,97%, 5,11%, dan 0,26%. Proyek besar tersebut di antaranya adalah Tol Indrapura – Kisaran, Tol Tebing Tinggi – Parapat, Jakarta International Stadium, Jalan Bandara NYIA, Tol Balikpapan Samarinda, Jalan Kereta Api NYIA, Tol Pekanbaru Dumai, Pembangunan pabrik PT Eclat Textile Indonesia, Dermaga Kijing, Jembatan Tahang, dan lainnya.

WIKA Beton berkomitmen untuk terus berkarya menghasilkan kinerja terbaik dan mempersembahkan produk kualitas tinggi dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. (ro)