07/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Inilah Langkah-langkah PT Astra International Tbk Hadapi Pandemi Covid-19

 Laba bersih per saham menurun 44% (belum termasuk keuntungan penjualan saham Bank Permata)
 Penjualan mobil menurun 45% dan penjualan sepeda motor menurun 40%
 Penurunan harga batu bara memengaruhi penjualan alat berat dan volume kontraktor penambangan
 Agribisnis diuntungkan oleh peningkatan harga minyak kelapa sawit
 Kepemilikan saham pada Bank Permata dijual senilai Rp16,8 triliun
 Posisi neraca keuangan yang kuat

Jakarta, KabarGRESS.com – Kinerja bisnis dan keuangan Grup Astra (Grup) sangat terdampak secara signifikan akibat pandemi COVID-19, terutama pada kuartal kedua. Langkah-langkah penanggulangan pandemi yang diterapkan di sebagian besar wilayah Indonesia telah berdampak kepada operasi Grup secara substansial, termasuk penutupan sementara kegiatan manufaktur dan distribusi otomotif, serta terdapat peningkatan secara signifikan jumlah pinjaman yang direstrukturisasi dalam bisnis jasa keuangan Grup.

“Selain itu, penurunan harga batu bara menekan bisnis alat berat, kontraktor penambangan, dan pertambangan. Pandemi ini, dan langkah-langkah yang diambil untuk mengendalikan dampaknya, diperkirakan akan terus memengaruhi kinerja hingga akhir tahun,” ungkap Presiden Direktur, Djony Bunarto Tjondro, Senin (24/8/2020).

Selama masa yang penuh tantangan ini dengan gangguan bisnis dan ketidakpastian, Grup Astra fokus secara khusus pada pengurangan biaya operasional dan belanja modal, pengelolaan modal kerja, dan kepastian likuiditas. Neraca keuangan Grup tetap kuat dengan tersedianya komitmen fasilitas pinjaman senilai Rp38,6 triliun.

“Memastikan keselamatan karyawan selama masa pandemi merupakan prioritas utama kami dan Grup Astra telah mengadopsi berbagai tindakan kesehatan dan keselamatan. Kekuatan Grup Astra adalah pada karyawannya, sehingga kami berterima kasih kepada karyawan kami di seluruh Grup yang telah merespon dengan profesionalisme dan dedikasi dalam menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” pungkasnya. (ro)