13/08/2020

Jadikan yang Terdepan

Harris Rizki Semangati Siswa Belajar dengan Dongeng

Surabaya, KabarGRESS.com – Masa pandemi membuat sekolah belum normal sehingga siswa dituntut untuk belajar, bermain, belajar hanya di rumah. Sehingga banyak orang tua wali murid sangat cemas dengan diberlakukan belajar di rumah lewat daring (online) karena kuota internet yang kian membengkak.

Risnawati, warga Dukuh Kupang XXXI Surabaya ini, selalu mengerjakan tugas anaknya Andika Surya Pradana, salah satu siswa kelas 3 di SDN Dukuh Kupang 5 Surabaya. Keterbatasan mendorong mengerjakan tugas daring sekolahnya dengan numpang tetangganya yang ada Wifi.

Risnawati sendiri tidak mampu kalau harus membeli kuota setiap harinya karena kebutuhan perekonomian keluarga. Akhirnya pemerintah Kota Surabaya memberikan kebijakan dipasang Wifi tiap Balai RW yang ada di Surabaya.

Dengan dipasangnya Wifi yang ada di Balai RW, Risnawati sangat senang karena perekonomian dalam keluarga terbantukan dalam mengerjakan tugas dari anaknya karena suami bekerja hanya sebagai sopir.

Tidak hanya Risnawati, kegembiraan juga dirasakan Nur Aida karena selama ini selalu membeli kuota hingga tiap bulannya 400 ribu. Dengan dipasang Wifi di Balai RW 3 Dukuh Kupang, tampak Balai RW menjadi ramai dengan anak-anak dan orang tua yang datang ke balai untuk mengerjakan sekolah.

Harris Rizki selaku petugas yang ada di balai RW ini sangat bangga balai RW ramai oleh anak-anak yang mengerjakan tugas sehingga membuat Harris membuat terobosan ide-ide yang ada di balai RW.

“Memang di Balai RW ini kita buat nyaman pengunjung dengan adanya fasilitas WIFI yang diberikan oleh pemerintah Kota Surabaya. Tidak hanya Wifi kita juga menyediakan buku cerita dan pengetahuan yang ada di taman baca, permainan anak, dan kalau anak-anak sudah bosan anak-anak bisa mendengarkan dongeng yang disampaikan petugas,” jelas Harris lewat ponselnya.

Harris menambahkan biarpun tampak ramai balai RW tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan menyuruh pengunjung menggunakan masker dan cuci tangan saat masuk ke balai, dan di balai selalu jaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Selesai mengerjakan tugas sekolah anak-anak bisa bermain dengan permainan yang sudah disediakan diantaranya permainan catur, karambol, monopoli, dakon, bekel dan engkle. Tidak hanya menikmati permainan anak- anak dan orang tua bisa mendengarkan dongeng yang berbeda-beda tiap harinya yang di sampaikan oleh Harris Rizki.

Sehingga banyak pengunjung yang betah tinggal di balai RW. Dalam tiap harinya kurang lebih sekitar dua puluh pengunjung yang hadir menikmati fasilitas balai RW. (ro)