02/06/2020

Jadikan yang Terdepan

DARI KARANGTANJUNG MAS KELANA PELOPORI PENGHIJAUAN LINGKUNGAN SIDOARJO

SIdoarjo, KabarGress.com – Sebagai wujud kecintaannya kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo , Mas Kelana Aprilianto bersama Kelompok Tani Hutan Desa ( KTHD) mulai dari Desa Karang Tanjung Candi , Pelopori penghijauan lingkungan melalui penanaman bibit pohon .

    

Penanaman perdana beragam pohon tanaman keras ( endemik) asli Sidoarjo dan MPTS Mas Kelana , di back -up warga dan tokoh masyarakat Desa setempat. Sedikitnya dua puluh batang pohon dan MPTS secara simbolis ditanam di atas lahan tanah warga , Selasa (19/5/2020)

Mas Kelana di atas lahan warga menanam pohon buah kelengkeng . Beberapa jenis lain siap tanam sengon , nangka . Dipilihnya jenis sengon karena jenis vegetasi ini merupakan tanaman keras yang berpungsi sebagai penyangga konservasi tanah . Sengon dalam waktu sekitar 5 – 6 tahun sudah bisa dipanen, dan secara ke ekonomian dapat membantu pemasukan pendapatan masyarakat.

Begitu pula penanaman pohon buah , seperti mangga ,kelengkeng pada saatnya nanti buahnya dapat di kosumsi untuk memenuhi kebutuhan buah warga. ” Agar pohon yang di tanam bisa hidup dan tumbuh , mesti di pelihara secara baik ,” katanya

Disamping secara ke ekonomian memberikan kontribusi kepada warga , penanaman pohon juga berpungsi pada perbaikan lingkungan , secara ekologis berpungsi konservasi lahan ( tanah ) beserta ekosistem lingkungan . Lebih – lebih perubahan iklim yang terjadi selama ini salah satu faktornya karena langka – nya tanaman pohon.

” Mari kita tanam dan menanam . Jangan biarkan sejengkal tanah terlantar , tanpa tanaman ,” . Salah satu tugas kita lanjut Mas Kelana menjaga kelestarian alam . ” Mari kita rawat dan kita pelihara alam ini dengan baik , ” ajaknya

Penanaman bibit pohon Mas Kelana peduli lingkungan , selain di Karang Tanjung , menurut Agus Lukman Hakim , Ketua KTHD juga dilakukan di Kawasan Tanggulangin , serta Bendo Klurak. Pohon MPTS dan tanaman keras siap tanam .

” Bibit bantuan Mas Kelana sudah kita siapkan. Teman – teman juga sudah siap menanam ,” ujarnya. Penanaman pohon untuk recovery lingkungan di pelopori Cabup Mas Kelana bersama KTHD mendapat dukungan warga.

” Kami mendukung aksi penanaman pohon oleh Mas Kelana . Sebab penanaman pohon sebagai upaya penghijauan lingkungan sangat baik untuk kehidupan ,” kata Gus Faried warga Karang Tanjung , pemangku Ponpes Langit Bumi Makmur ( LBM).

” Saya bersama warga akan lanjutkan menanam di areal lahan kosong yang belum ada tanaman pohonnya ,” pungkas , Achmad Gozali Ketua RT 02/RW 01 Karang Tanjung ( Ery)