27/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Selain Resmi Dilantik, Pengurus DMI Surabaya Terima Rekor Muri

Surabaya, KabarGress.Com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) melalui Pengurus Wilayah (PW) Jawa Timur, resmi melantik pengurus baru DMI Kota Surabaya, Jum’at (06/03/2020) malam.

Acara pelantikan yang berlangsung di Dyandra Convention Hall, Jalan Basuki Rahmad Surabaya ini, dihadiri langsung Ketua Umum (Ketum) DMI Pusat, Jusuf Kalla.

Selain acara pelantikan, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan rekor MURI kepada DMI dan PMI Kota Surabaya yang berhasil menyelenggarakan gerakan sedekah donor darah di 33 Masjid se Surabaya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DMI Pusat, Jusuf Kalla, mengapresiasi gerakan sedekah donor darah yang diinisiasi DMI Kota Surabaya. Ia berharap, gerakan ini menjadi contoh bagi kota/kabupaten lain di Indonesia. Hal ini dinilai penting, karena pasokan darah yang dibutuhkan dalam tiap tahun mencapai 5 juta kantong.

“Saya berterima kasih atas upaya ini, sehingga menjadi contoh untuk daerah-daerah lain, untuk secara bersama-sama menggerakkan donor darah lewat masjid,” kata Jusuf Kalla.

Menurutnya, gerakan yang dilakukan ini sebagai salah satu langkah untuk memakmurkan masjid. Ia pun berkaca ketika zaman Rasulullah SAW. Kala itu, masjid tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi pendidikan, kesehatan, ekonomi hingga kegiatan sosial masyarakat lainnya

“Itulah harapan kita semua. Sehingga masjid, khususnya di Surabaya ini dapat dibawa ke suatu fungsi yang lebih besar lagi, kembali ke zaman Rasulullah. Itulah fungsi masjid yang kita harapkan,” ujar Jusuf Kalla.

Ketua DMI Kota Surabaya, Arif Afandi menyampaikan, DMI bersama PMI telah berhasil menggelar acara gerakan sedekah donor darah di 33 masjid se Surabaya.

“Ini adalah langkah pertama kami mencoba menggandeng PMI Kota Surabaya untuk kolaborasi melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat kemanusiaan,” kata Arif.

Melalui gerakan ini, pihaknya berharap, masjid tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah atau pusat ibadah. Tapi, sebagai pusat kemanusiaan, kebudayaan, dan kegiatan sosial yang memberikan manfaat kepada para jamaahnya.

Dalam malam anugerah masjid ini, Arif menyebut, DMI Kota Surabaya juga memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap lembaga atau perorangan yang dinilai berjasa dalam memakmurkan masjid di Kota Pahlawan.

“Tahun ini DMI Kota Surabaya memberikan penghargaan kepada dua Masjid Heritage. Yakni, Masjid Peneleh dan Masjid Agung Sunan Ampel,” ungkap Arif.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada pusat-pusat perbelanjaan yang menyediakan tempat sholat, mushola atau masjid yang reprensentatif bagi para pengunjungnya.

Bahkan, kata Arif, DMI Kota Surabaya juga memberikan penghargaan khusus kepada perumahan yang membangun masjid dalam satu kompleks dengan tempat ibadah enam agama.

“Ini patut kita apresiasi, karena di tengah-tengah isu intoleransi ada perumahan yang menyediakan fasilitas tempat ibadah untuk semua agama,” tandasnya. (Tur)