05/08/2020

Jadikan yang Terdepan

Tes SKD CPNS Pemprov Jatim Digelar 8-26 Februari 2020

Surabaya , KabarGress. com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2020 selama 18 hari, tanggal 8 -26 Februari 2020, di Graha UNESA Jl Citra raya Unesa, Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Seleksi dilakukan mulai jam 08.00 sampai 17.30 WIB dengan setiap harinya digelar sebanyak empat (4) kali sesi tes.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto, di ruang kerjanya, Kantor Diskominfo. Prov. Jawa Timur, Jl. A Yani 242-244, Kamis (5/2/2020).

Terkait jumlah peserta SKD ini, Benny menjelaskan, dari sebanyak 57.314 pendaftar, dinyatakan telah memenuhi administrasi sebanyak 54.600 dari jumlah tersebut, nantinya diambil dari jalur umum sebanyak 1.745, disabilitas 36 orang, dan cumlaud 36. Keseluruhan formasi tersebut untuk posisi sebagai tenaga guru sebanyak 1.133 lowongan, tenaga kesehatan sebanyak 322 lowongan dan teknis 362 lowongan.

Dalam kesempatan ini, Kadiskominfo Prov Jatim ini juga mengingatkan beberapa hal kepada calon peserta. “Pertama, jangan lupa membawa Ktp,” ujarnya.

  

Sebab, jika luoa membawa maka peserta tidak diperkenankan masuk tes. Saah satu alasannya, kartu tes yang diprint peserta harus disahkan oleh panitia dengan menunjukkan KTP asli ybs. Baju warna putih dan bawahan warna hitam juga harus digunakan saat tes,”

Ditambahkan, peserta minimal setengah jam sebelum tes yang dimulai pukul 07.00 sudah harus dilokasi, yakni untuk mengikuti proses pengesahan kartu tes. Bagi yang pesweta yang terlmbat datang tes, maka tidak diperkenankan mengikuti tes.

 

Cek Laman BKD Prov. Jatim

Nama – nama pelamar yang lulus seleksi administrasi, dijelaskan Kadiskominfo Jatim ini, dapat dilihat langsung di laman resmi di https://bkd.jatimprov.go.id. Untuk pelamar yang dinyatakan lulus, dapat langsung mencetak kartu tanda peserta ujian di laman yang sudah disediakan, yakni di http://www.sscn.bkn.go.id, dengan login menggunakan username pada saat pendaftaran.

Sementara itu, untuk kartu peserta, ditandatangai menggunakan bolpoin serta menuliskan nomor urut dan jadwal sesi tes di pojok kanan atas.

Benny juga menjelaskan, tes SKD dilaksanakan dengan sistem Computer Asissted Test (CAT). Untuk Passing grade dalam tes SKD, ditet .hbtapkan Tes Intelegnsi Umum (TIU) sebesar 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126.

Penetapan grade tersebut sesuai Permenpan 23 Tahun 2019 tentang kriteria, penetapan kebutuhan Pegawai negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2019 serta Permenpan 24 Tahun 2019 tenang Nilai, Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan CPNS tahun 2019

Seluruh tahapan pelaksanaan seleksi CPNS, lanjut mantan Kepala Biro Himas Pemprov. Jatim ini, gratis alias tidak dipungut biaya. Demikian pula, ia mengharapkan peserta atau keluarganya agar tak terpengaruh oknum yang menjanjikan kelulusan.

“Proses dari awal hingga akhir seleksi CPNS ini bersih,” tuturnya. (hery)