Lewat Program Pijar Ilmu, Asuransi Astra Berhasil Revitalisasi PAUD dan ABK

Surabaya, KabarGRESS.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 63, PT. Asuransi Astra Kantor Cabang (Kacab) Surabaya memanfaatkan CSR nya untuk kepentingan pendidikan anak-anak yang kurang mampu dan kurang beruntung, dengan membangun sekolah PAUD di PPT Cahaya Bunda & Kelompok Belajar ABK Jl. Kupang Gunung Timur I/35 Surabaya.

Menurut Kepala Kantor Cabang Surabaya PT Asuransi Astra, Haris Halim, tujuan dari peresmian sekolah PAUD untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus adalah untuk memberikan kesempatan pada mereka itu bisa belajar dengan baik, sebab bagi anak-anak seperti mereka ini susah untuk mendapatkan itu semua, misalnya bisa sekolah bayarnya agak mahal.

Karenanya, dengan adanya peresmian sekolah PAUD tersebut bisa dimanfaatkan secara baik agar anak-anak yang berkebutuhan khusus itu bisa mendapatkan pendidikan yang sama seperti yang didapat anak-anak pada umumnya.

”Untuk mendapatkan tempat yang terletak di kompleks ex Dolly tersebut memang tidak mudah, karena harus berhuhungan langsung dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Alhamdulillah setelah tahu maksud dari PT Asuransi Astra beliau langsung menyetujui dan mengijinkan,” terang Haris Halim.

Sejarah singkat sekolah PAUD untuk anak berkebutuhan khusus tersebut, sebelum menjadi PPT Cahaya Bunda & Kelompok Belajar ABK pada tahun 2018. Pada tahun 2016 lebih dahulu berdiri Kelompok Belajar ABK. PAUD tersebut bertempat di eks-lokalisasi Dolly (eks-Wisma Anak Bangsa).

Eks-Wisma memiliki 3 lantai, dimana hanya Iantai 1 yang digunakan PAUD untuk kegiatan belajar mengajar. Sebelum menjadi tempat belajar mengajar, Wisma Anak Bangsa digunakan sebagai salah satu tempat lokalisasi di kawasan tersebut.

Saat kegiatan lokalisasi Dolly ditutup oleh Pemerintah Kota Surabaya pada 2014, wisma tersebut dibeli oleh Pemkot Surabaya dan pada tahun 2016 digunakan oleh Kelompok Belajar ABK untuk kegiatan belajar mengajar disana. PAda 2018 Kelompok Belajar ABK berubah menjadi PPT Cahaya Bunda & Kelompok Belajar ABK dimana tidak hanya menerima murid ABK namun juga menerima murid PAUD.

PPT Cahaya Bunda & Kelompok Belajar ABK memiliki 61 murid yang terdaftar, yang terdiri dari 30 murid PAUD dan 31 murid Kelompok Belajar ABK. Murid ABK yang tergabung di PPT Cahaya Bunda diantaranya tuna rungu wicara, tuna grahita dan tuna daksa. Kegiatan belajar mengajar dijalankan oleh 2 orang guru tetap (Bu Ninuk dan Bu Nining, 2 pengajar relawan dan 1 orang bagian umum).

“Alhamdulillah.., mudah-mudahan apa yang kita kerjakan ini akan bermanfaat dan bisa dimanfaatkan secara maksimal,” pungkasnya. (ro)

Leave a Reply


*