Seluruh Bangunan Gedung Harus Menjamin Keandalan Teknis dari Segi Keselamatan, Kesehatan, Kenyamanan dan Kemudahan

  • Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jatim Gelar Bimbingan Teknis Bangunan Gedung

Batu, KabarGRESS.com – Seluruh bangunan gedung harus menjamin keandalan teknis dari segi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan. Proses penyelenggaraan pembangunannya harus sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Demikian ditegaskan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur, Moh. Rudy Ermawan Y., ST., M.MT., dalam acara Bimbingan Teknis Bangunan Gedung, di Batu, Kamis (29 Agustus 2019).

Peserta acara bimbingan teknis tersebut meliputi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Teknis yang menangani Bangunan Gedung pada Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Bimbingan Teknis Bangunan Gedung ini merupakan bentuk pelaksanaan pembinaan teknis yang dilaksanakan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur melalui penyebarluasan peraturan dan perundang-undangan. Bimbingan teknis ini bertujuan untuk menginformasikan peraturan, terutama adanya peraturan baru, sarana berkomunikasi dan koordinasi sebagai upaya percepatan implementasi peraturan terkait bangunan gedung,” kata Rudy pada kata-kata sambutannya.

Dipaparkan, adanya pemberlakuan Permen PUPR Nomor 22/PRT/M/2018 Tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara mengamanahkan bahwa seluruh bangunan gedung harus menjamin keandalan teknis dari segi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan. Proses penyelenggaraan pembangunannya harus sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Berdasarkan Peraturan Menteri 22/PRT/M/2018 tentang Pembangunan Bangunan Gedung Negara Dinas teknis yang menangani pembangunan bangunan gedung melakukan pembinaan melalui penyediaan tenaga pengelola teknis dalam mengelola kegiatan pembangunan di bidang teknis administratif dan penyediaan informasi terkait peraturan yang berlaku selama pembangunan bangunan gedung,” urainya.

Dalam kesempatan itu, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Jatim mengapresiasi kepada seluruh OPD Provinsi maupun Dinas Teknis Kabupaten/Kota yang menangani bangunan gedung atas peran serta dan kerjasamanya dalam usaha mewujudkan penyelenggaraan bangunan gedung yang tertib.

Melalui kegiatan bimbingan teknis ini, para peserta dapat memanfaatkan kesempatan untuk menggali informasi, berkonsultasi, bertukar pikiran dan solusi mengenai penyelenggaraan pembangunan gedung dan jasa konstruksi.

“Dengan penerapan peraturan, diharapkan masyarakat akan mendapat manfaat dan maslahat dari pembangunan bangunan gedung yang tidak hanya mengutamakan aspek teknis keselamatan, kesehatan, kenyamanan sesuai kriteria teknis yang berlaku, namun juga lebih efisien sumber daya serta selaras, serasi, dan harmonis dengan lingkungannya,” pungkas Rudy. (ro)

Leave a Reply


*