Peringati HUT ke-74 RI, Ribuan Mahasiswa Unesa Mainkan Permainan Tradisional Kitiran

Surabaya, KabarGRESS.com – Ribuan mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa), memainkan permainan tradisional kitiran usai pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia (RI), di halaman Rektorat Unesa, Sabtu (17/8/2019).

Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Nurhasan, memimpin langsung permainan tradisional kitiran tersebut. Tidak ketinggalan seluruh jajaran di lingkungan Unesa juga memainkannya.

Terik matahari yang menyengat tidak menyurutkan ribuan mahasiswa baru yang berbaris rapi di halaman Rektorat mengikuti prosesi upacara dan permainan kitiran. Bahkan sebelum upacara dimulai, mereka dengan semangat tinggi saling beradu yel-yel sebagai kebanggaan fakultas.

“Permainan tradisional punya filosofi di dalamnya. Jadi filosofi itulah yang menjadi bekal kepada mahasiswa baru. Untuk bermain, kerja sama, kemudian ada semua di revolusi industri 4.0, kerja sama kolaborasi, inovasi, kreativitas mahasiswa, strategi bahkan luar biasa keberaniannya,” kata Nurhasan.

Seluruh jajaran rektorat Unesa mengenakan busana adat yang melambangkan keberagaman budaya tanah air Indonesia. “Saya mewajibkan kepada pimpinan untuk mengenakan busana baik tokoh, busana adat, pahlawan, agar maba atau civitas akademika ingat jasa para pahlawan yang berdarah-darah, memperjuangkan kemerdekaan. Harusnya mengisi dan mengingatkan untuk berani berinovasi untuk Indonesia maju,” katanya.

Dalam acara peringatan HUT ke-74 RI itu juga membentangkan bendera raksasa di gedung rektorat Unesa. Bendera raksasa ini dibentangkan oleh tiga mahasiswi dari UKM Mapala Unesa, yakni Savina Nur Hidayah, 20 tahun, dari Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Pratiwi Wahyunissa Pusparani, 18 tahun, dari  Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan, serta Maharani Syahdilla Putri, 20 tahun, dari Desain Komunikasi Visual Fakultas Bahasa dan Seni. (ro)

Leave a Reply


*