Jatim Inginkan Indeks Demokrasi Jauh Lebih Baik

Surabaya, KabarGRESS.com – Indeks Demokrasi Indonesia untuk wilayah Jawa Timur berada di posisi menengah, dengan nilai skor 72,86. “Secara total naik yah, dari yang sebelumnya kita naik 1,94 dari tahun yang lalu,” ungkap Jonathan Judyanto, Kepala Badan Kesbangpol Jatim, dalam acara Forum Komunikasi dan Koordinasi Indeks Demokrasi Indonesia Kemenko Polhukam dengan tema Peningkatan Kapasitas Demokrasi di Provinsi Jawa Timur, di Hotel Tunjungan Surabaya, Kamis (8/8/2019).

Lebih jauh dikatakan Jonathan, ada beberapa indikasi penilaian yang perlu ditingkatkan, lantaran nilainya paling rendah dibandingkan yang lain, yaitu angka kebebasan sipil dan kebebasan politik. Dan pihaknya optimis, tahun berikutnya mengalami perbaikan skor.

“Kita harus naikkan lagi angka-angkanya, kita tingkatkan lagi, kita optimis tahun depan kita jauh lebih baik,” imbuhnya.

Jonathan menjelaskan, batasan skor Indeks Demokrasi itu adalah, skor 70 – 80 adalah menengah, 80 ke atas adalah tinggi, kemudian 60 ke bawah adalah rendah. Untuk mencapai nilai itu maka harus ada hal-hal yang dipotret.

“Yang sudah kita lihat itu harus ada perbaikan di tahun-tahun berikutnya, terutama ancaman kekerasan dari masyarakat ya, dari masyarakat ke masyarakat ini, itu yang skor kita cukup rendah,” tegasnya.

Untuk itu, sosialisasi seperti Forum Komunikasi dan Koordinasi Indeks Demokrasi Indonesia Kemenko Polhukam di Surabaya ini, lanjut Jonathan, sebagai bagian dari koreksi, agar pendekatan yang dilakukan masyarakat itu bisa lebih baik lagi.

Forum yang mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Demokrasi di Provinsi Jawa Timur” ini, juga dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri, Kemenko Polhukam – Mayjen TNI Wawan Kustiawan, SH. Dan diikuti puluhan peserta lintas Instansi, Lembaga, Ormas, dan Parpol di Prov Jawa Timur. (ro)

Leave a Reply


*