XL Axiata Ajak Mahasiswa Saksikan Sistem Pelayanan Pelanggan

  • IndustrialVisit XL Future Leaders
Territory Sales XL Axiata area Surabaya, Yoyok Nurhadi bersama mahasiswa penerima program XL Future Leaders (XLFL) melakukan industrial visit ke XL Center Pemuda di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (6/7)

Surabaya, 06 Juli 2019.  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengajak mahasiswa program XL Future Leaders menyaksikan langsung sistem pelayanan pelanggan yang dilakukan operator terbesar kedua di Indonesia. Diikuti oleh 16mahasiswa XL Future Leaders bacth 7 dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Bali, kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum untuk mengenal sistem pelayanan XL Axiata. Berlangsung di XL Center, Jalan Pemuda No. 94-98, Surabaya, Sabtu (6/7), mereka mendapatkan paparan dari para leader XL Axiata East Region yang telah memiliki pengalaman dalam melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia, terutama di wilayah Jawa Timur, Bali, Lombok dan Sulawesi.

Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, mengatakan,  “XL Axiata terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Melalui Program XL Future Leaders, kami mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal bagaimana sistem pelayanan yang kami berikan, sehingga mahasiswa tersebut bisa menjadi ambassador bagi XL Axiata untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan lebih mengenal tentang XL Axiata sehingga para mahasiswa yang akan segera memasuki dunia kerja bisa lebih mengembangkan potensi dirinya apabila telah selesai kuliah.”

Dalam acara yang dirancang interaktif ini, mahasiswa bisa bertanya dan berdiskusi dengan para pembicara yang telah memiliki pengalaman dibidangnya. Setelah mendengarkan sharing dari para pembicara, para mahasiswa diajak mengunjungi unit pelayanan pelanggan di XL Center Pemudauntuk melihat dan bertanya seputar aktivitas yang dilakukan di pusat layanan pelanggan. Begitu banyak pertanyaan yang disampaikan karena melihat customer service begitu ramah dan sangat jelas menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa.

Setelah puas bertanya di XL Center Pemuda, mahasiswa kemudian melanjutkan kunjungannya ke Retail Outlet (RO) yang berada di seputaran Surabaya. Pertanyaan demi pertanyaan disampaikan, baik tentang produk maupun pelayanan. Pegawai di toko menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan. Mereka antara lain tertarik dengan produk AXIS yang sangat diminati masyarakat terutama anak-anak sekolah. Hal ini terlihat ketika berada di toko, mereka melihat banyaknya pembeli yang ingin mengisi pulsa. XL dan AXIS yang memang kencang jaringannya di daerah tersebut.  Dan yang terakhir, peserta diajak berkeliling ke  Gedung Data Center XL Axiata di Surabaya Network Building. 

Melalui kegiatan Industrial Visit XL Future Leaders ini, mahasiswa bisa melihat secara langsung bagaimana pelayanan XL Axiata dan berbagai produknya yang tersedia di Retail Outlet sangat diminati masyarakat serta Data Center XL Axiata.  Sementara itu, tahun ini mahasiswa program XL Future Leaders yang berasal dari Sulawesi mengikuti kegiatan ini di area lain, yaitu Jakarta. 

XL Future Leaders

XL Future Leaders adalah program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan sekaligus mempunyai sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu, XL Axiata berharap para peserta suatu saat nanti akan bisa secara maksimal ikut membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Program ini berlangsung selama dua tahun untuk setiap angkatan. Tahun ini, kembali XL Future Leaders akan melakukan seleksi untuk para calon peserta.

Untuk bisa mengikuti program berdurasi 2 tahun ini, syarat untuk menjadi peserta XL Future Leaders adalah mahasiswa tahun pertama dan kedua atau masuk semester pertama sampai keempat, dengan jurusan baik dari rumpun ilmu eksakta maupun ilmu sosial. Program XL Future Leaders ini terbuka untuk semua jurusan karena kurikulum yang diajarkan lebih mengedepankan penguasaan peserta atas berbagai soft skills yang bertumpu pada kemampuan dalam komunikasi yang efektif, kemampuan mengelola perubahan, serta inovasi dan kewirausahaan.

Soft skills yang diajarkan tersebut akan membekali kemampuan para alumni untuk mampu antara lain beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan segala kegiatan di dalamnya. Mereka akan mudah untuk bekerja dan berkomunikasi secara efektif, juga berpikir secara kritis. Kurikulum yang diterapkan juga sejak awal, sudah dirancang dengan menyesuaikan pada perkembangan era digital hingga beberapa tahun ke depan. Dengan demikian, diharapkan apa yang diajarkan juga akan tetap relevan untuk diaplikasikan di masa ketika digitalisasi semakin mempengaruhi berbagai sisi kehidupan.

Untuk program XLFL tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan.

Leave a Reply


*