ENDUS PENYIMPANGAN , ALIANSI PARPOL SERAHKAN SEGEBOK BERKAS C1 KEBAWASLU SIDOARJO

SIDOARJO, KabarGress.com – Aliansi Partai Politik , Hanura , PSI , PKPI , NasDem, Perindo , Jumat sore ( 25/4) kemarin datangi Kantor Bawaslu.

Para petinggi Parpol Sidoarjo masing – masing Dondik As Ketua DPC Hanura , M. Rosid Ketua PSI , Edi Ketua Perindo , Moh. Jamil, PKPI dan M. Rodi Sekretaris NasDem.

Mereka berlima menyerahkan segebok berkas foto copy form C1 disinyalir terjadi kesalahan dalam pencatatan suara kepada Ketua Bawaslu Haidar Mujid.

Setelah serahkan copy form C1 Dondik Cs meminta Bawaslu merekomendasi untuk rekap ulang C1 dan Plano C1 disemua TPS di seluruh Sidoarjo.

” Untuk menjamin pileg berjalan bersih , dan terjaminnya suara rakyat pemilih kami minta Bawaslu keluarkan rekom rekap ulang C1 disemua TPS ,” desa Dondik kepada awak media ,di Bawaslu.

Ditambahkan proses pencatatan suara terdapat kesalahan. ” Ada banyak temuan terjadinya kesalahan dalam pencatatan,” ujar Rosid Ketua PSI Sidoarjo .

Contohnya , adanya pelanggaran dalam bentuk pencatatan suara dilakukan KPPS tidak mendapat teguran dan tindakan dari atasan mereka .

Seperti penyimpangan di Desa Keloposepuluh ,misalnya. ” Di TPS di desa Keloposepuluh besuk Sabtu dilakukan coblosan ulang. Itu artinya dalam pencatatan suara terjadi pelanggaran ,” ungkap Moh. Jamil , Sekretaris PKPI Sidoarjo.

Penyimpangan yang sama juga terjadi di TPS 08 desa Tambak Sumur kecamatan Waru. Partai tertentu suara sahnya 32 namun dicatat 37. Berdasar rekapan hologram TPS 13 Wadung Asri terdapat suara PKPI . ” Tetapi PPS suara PKPI dikatakan tidak ada . Aneh kan ,” imbuh dia

Oleh sebab itu untuk menjamin suara rakyat tidak hilang Bawaslu keluarkan rekom untuk buka semua kota suara di semua TPS .” Supaya fair kami meminta keluarkan C1 ,” tegas Dondik.

Haidar Mujid , usai menerima copy C1 dari aliansi parpol , menyatakan akan memeriksa berkas tersebut. Jika nanti ditemukan penyimpangan tentunya bakal dilakukan sebuah langkah sesuai kewenangan. (*)

Leave a Reply


*