BPP Prabowo – Sandi Jatim Buka Posko Pengaduan Kecurangan Pemilu 2019

Ketua BPP Prabowo – Sandi Jatim Soepriyatno (tengah) saat memberikan keterangan

Surabaya, KabarGress.Com – Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Jawa Timur menginstruksikan kepada seluruh daerah untuk membuka posko pengaduan kecurangan Pemilu 2019.

Ketua BPP Prabowo-Sandi Jatim, Soepriyatno mengatakan keputusan membuka posko pengaduan karena banyak terjadi kecurangan pelaksanaan Pemilu 2019 di Jatim yang dilakukan secara sistematis, terstruktur dan masif.

“Berdasarkan data yang kami miliki dan laporan masyarakat, Pemilu ini terindikasi banyak terjadi kecurangan,” kata Soepriyatno di Posko BPP Prabowo-Sandi Jatim, Kamis (25/4/2019).

Karenanya, pihaknya mengintruksikan kepada seluruh daerah untuk membuka posko pengaduan untuk menampung segala bentuk laporan terkait kecurangan. Soepriyatno menyebutkan bahwa indikasi kecurangan sudah terjadi sebelum pelaksanaan diantaranya temuan data DPT ganda dan invalid sebanyak 7,5 juta lebih dan penggunaan kotak kardus yang sangat beresiko rusak dan terbakar.

“Apalagi sekarang banyak salah input data. Kok istiqomah yang berkurang suaranya 02. Ini human eror atau eror yang diorder?,” kata Soepriyatno yang juga menjabat Ketua DPW Partai Gerindra Jatim ini.

Pihaknya mencontohkan dugaan kecurangan yang terjadi di Surabaya yang sudah disikapi Bawaslu Surabaya dengan memberikan rekomendasi perhitungan suara ulang kepada KPU Surabaya. Temuan tersebut harusnya mendapat sikap tegas dari agar pelaksana Pemilu dilakukan dengan adil.

“Misalkan di Surabaya kota besar, kan disini ada Polda, Polrestabes, Bawaslu, KPU masih saja terjadi. Kalau di Surabaya saja terjadi apa tidak mungkin di daerah lain terjadi juga. Karena itu kami akan mendesak KPU Surabaya melaksanakan rekomendasi Bawaslu,” katanya.

Terkait perolehan hasil Pemilu 2019, BPP Prabowo-Sandi Jatim mengatakan saat ini masih kalah tipis. Tapi Soepriyatno masih enggan membuka berapa angka pasti yang sudah didata.

“Pokoknya tipis kita tidak bisa sampaikan itu, kalau kita sebutkan malah jadi patokan. Makanya kalau kita lakukan verifikasi terus kita bisa menang,” katanya. (Tur)

Leave a Reply


*