Jelang Musim Mudik Lebaran Tiba, Hino Siapkan Posko Perawatan Bus

Surabaya, KabarGress.Com – Menjelang musim mudik Lebaran, sejumlah moda transportasi mulai melakukan persiapan. Tidak terkecuali moda transportasi Bus yang menjadi alat transportasi andalan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik melalui jalur darat.

Untuk menyambut musim mudik Lebaran Hino mempersiapkan posko perawatan (maintenance) terhadap armada bus produksinya. “Persiapan lebaran yang pasti seperti tahun sebelumnya Hino menyiapkan posko Lebaran. Untuk mengantisipasi masalah terhadap armada Hino,” kata Prasetyo Adhiyudho selaku Product Division Head HMSI, Rabu (23/4/2019).

Disela menghadiri Hino Road Test Bus RN dan FC Bus menjelajah pulau Jawa, Prasetyo menambahkan posko itu nantinya dibantu oleh dealer dan cabang dealer yang tersebar disepanjang jalur mudik. Dan biasa didirikan ditempat parkir bus.

“Kita belum bisa memastikan berapa jumlah poskonya. Tapi kita merancang agar pihak dealer melakukan jemput bola ke PO. Ini menguntungkan karena kita bisa menjual spare part dan tenaga mekanik,” lanjut Prasetyo.

Dalam acara road test yang berlangsung di Malang Rabu 24/04/2019 ini, Hino juga memperkenalkan sistem pengereman retarder yang sudah diapplikasikan dalam armada bus produksinya. “Retander ini membantu pengereman yang sebelumnya menggunakan exaust brake. Sistem retander dilakukan pada pengereman di transmisi, sehingga tidak terjadi slip menambah safety,” tambah Prasetyo.

Prasetyo menambahkan penjualan bus sebelum Lebaran tetap bertambah tapi tidak terlalu signifikan. Penjualan di Jatim masih kalah dengan Jawa Tengah dan Jakarta. “Paling sekitar 1 sampai 2 persen saja” pungkas Prasetyo.

Acara ini juga diwarnai pemberian award terhadap PO yang loyal dan pengguna terbanyak bus produk Hino. (Tur)

Leave a Reply


*