“East Java Investival 2019″; Jawa Timur Tujuan Investasi yang Menguntungkan

Surabaya, KabarGRESS.com – Jawa Timur merupakan kawasan strategis dan memiliki kontribusi perekonomian yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Seperti diketahui Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang konsisten tumbuh di atas pertumbuhan rata-rata nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Pertumbuhan Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2018 mencapai 5,57% di atas pertumbuhan Nasional Indonesia sebesar 5,27%.

Seiring dengan persaingan pasar bebas berbasis industri 4.0, Jawa Timur diharapkan menjadi ujung tombak ekonomi berbasis digital. Untuk itu dibutuhkan peran aktif dan karya nyata provinsi Jawa Timur agar mengangkat serta meningkatkan ketertarikan investor PMA dan PMDN untuk berinvestasi di Jawa Timur. Disamping sinergitas antara OPD terkait, BUMD dan seluruh lapisan agar program peningkatan investasi di Jawa Timur ini ditargetkan lebih terencana dan terarah.

lronisnya sejauh ini kita dihujani oleh berbagai macam promosi produk perdagangan, tetapi tidak memiliki promosi investasi yang Iangsung mempertemukan kalangan industri dengan investor.

Melihat itu, Elemen dan Allpro Indo Convex didukung Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membuka peluang pertemuan antara investor dari dalam dan Iuar negeri, kepada para pelaku usaha dan startup yang memiliki potensi investasi dalam perhelatan besar, yaitu “East Java Investival 2019” di Surabaya pada tanggal 12-15 September 2019.

“Saatnya Jawa Timur menghadirkan pameran berinvestasi yang akan manjadi ajang edukatif terhadap kaum milenial untuk menggerakkan minat investasi bergaya milenial (menjamurnya startup dan Franchise),” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur, Aris Mukiyono.

EJI 2019 Tampilkan Sejuta Peluang Investasi Bergaya Milenial

Sejauh ini potensi industri di daerah maupun kawasan industri mandiri, untuk menarik investor dari luar untuk masuk ke Jawa Timur cukuplah besar. Namun, hal tersebut akan terjadi jika ada wadah yang tepat bagi para pelaku bisnis dan investor.

Untuk itu EJI 2019 diharapkan menjadi pencetus event bisnis dan investasi yang ada di Jawa Timur untuk menyatukan semua bidang investasi di Jawa Timur.

EJI tak hanya mengajak para pelaku bisnis bertemu dan mendapatkan informasi mengenai realisasi investasi dari otoritas pemerintah daerah Jawa Timur tentang peluang bisnis, tetapi EJI 2019 juga menjembatani mereka dengan para investor asing.

Adapun berbagai peluang investasi unggulan yang akan dihadirkan dalam EJI 2019 adalah beberapa peluang di bidang infrastruktur, pertanian, perikanan, perkebunan, pariwisata, pertambangan, sektor energi dan berbagai sektor lain dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Selain itu juga, akan dipromosikan dan dipamerkan beberapa peluang investasi dari BUMN dan BUMD, sektor swasta, franchise dan jasa perbankan, startup, travel market yang akan menarik investor dari Iuar Jawa Timur (PMA dan PMDN) maupun masyarakat umum yang berinvestasi di setiap bidang yang diminati berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Melalui pameran EJI 2019 ini diharapkan akan meningkatkan jumlah investasi di Jawa Timur, serta mendorong kemampuan perekonomian Jawa Timur khususnya perekonomian Indonesia pada umumnya. Dan juga diharapkan menjadi ajang forum mediasi antara pemerintah sektor usaha (investor) – masyarakat Jawa Timur.

Karena tujuan diadakannya EJI 2019 ini untuk mendorong kesadaran yang lebih besar tentang potensi investasi dan juga menjadi Iangkah awal untuk menjembatani investor – pemerintah daerah / pengusaha untuk berinvestasi di Indonesia dalam mendukung program percepatan pembangunan nasional dan daerah lndonesia khususnya Jawa Timur.

Tak lupa juga untuk menginformasikan dan mengekspos seluruh potensi yang dimiliki Jawa Timur terutama pada sektor-sektor investasi, saham, pariwisata, infrastruktur, layanan publik, dan produk unggulan yang dihasilkan serta hasil pembangunan yang telah berjalan dan menjadikan Jawa Timur sebagai tujuan investasi skala nasional dan internasional. (ro)

Leave a Reply


*