Terkait Kasus Sengketa Tanah, Hakim Akhirnya Putuskan Tolak Gugatan Pra Peradilan Asipah

Surabaya, KabarGress.Com – Sidang gugatan pra peradilan yang dilakukan oleh Asipah alias Hj Sugiarti terhadap Polda Jawa Timur, terkait kasus sengketa lahan milik Pujiono Sutikno, hari ini (11/3/20019) memasuki agenda putusan dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Dalam putusanya, hakim akhirnya menolak gugatan pra peradilan Asipah yang dilayangkan pada Polda Jatim. Hal itu sudah berdasarkan tahapan – tahapan atau proses hukum yang dilakukan oleh penyidik.

Kuasa Hukum Pujiono Sutikno, Yafeti Waruwu mengatakan, proses yang dilakukan oleh penyidik Polda Jatim bagian Reskrimum telah berjalan sesuai dengan prosedur. Sehingga, Asipah secara sah dapat ditetapkan sebagai status tersangka.

“Itu sudah melalui berbagai pertimbangan hukum dan juga pendapat ahli. Oleh karena itu sangat beralasan pemohon Asipah ini ditolak oleh hakim,” ungkap Yafeti seusai sidang.

Dengan ditolaknya gugatan Asipah, Yafeti berharap ada kelanjutan perkara tersebut terkait penggunaan surat atau kwitansi palsu yang di gunakan oleh Asipah, yang wajib diselidiki siapa dibalik mafia pembuatan surat palsu itu untuk segera dibongkar pihak penyidik Polda Jatim.

“Karena kalau kita lihat Asipah ini berumur 70 tahun, jadi saya rasa ada mafia dibalik penggunaan atau pembuatan surat palsu itu. Maka kami berharap pihak Polda Jatim bisa menyelidiki sampai terang benderang,” ucapnya.

Sementara itu, pemilik tanah Pujiono Sutikno mengaku soal sengketa lahan ini sebenarnya tidak ada kaitanya sama sekali dengan Asipah. Namun, ada pihak yang “bermain” yang mencoba memanfaatkan.

“Jadi Asipah ini dikambinghitamkan, maka dari itu saya minta masalah ini harus diungkap seadil adilnya siapa dibalik semua ini, karena ini sebuah sindikat. Kalau memang saya yang salah saya bersedia ditangkap,” tambahnya. (Tur)

Leave a Reply


*