Risma Akan Usut Tuntas Insiden Pembacokan Anggota Satpol PP

Surabaya, KabarGress.Com – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memastikan akan mengusut tuntas insiden pembacokan yang dialami anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Tri Setia Bekti saat melakukan penertiban di Pasar Keputran pada hari Selasa (26/2/2019).

Menurut Risma, pemkot segera berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya. Risma meminta pengamanan dari kepolisian ketika Satpol PP melakukan giat operasi.

“Kami akan meminta pengamanan kepolisian, back up patroli ini,” ujar Tri Rismaharini, Rabu (27/2/2019).

Wali kota kelahiran Kediri ini memastikan Satpol PP Surabaya tetap akan menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Pahlawan. Saat ini aparat di bawah naungan pemkot itu sudah mempunyai 11 pos yang tersebar di seluruh kota.

“Untuk lokasinya sengaja dirahasiakan,” jelasnya.

Terkait kemungkinan memberikan persenjataan kepada anggota Satpol PP sebagaimana aparat kepolisian, Risma menampik kemungkinan itu. Mengingat prosedur yang harus dijalani sangat rumit.

“Kita hanya memberi bekal HT (handy talkie) dan rompi. Kalau pistol tidak mungkin karena harus ada tes kejiwaan juga,” tambah mantan Kepala Bappeko ini.

Lebih jauh, perempuan kelahiran Kediri ini optimis pelaku dapat segera ditangkap. Meskipun saat ini diketahui melarikan diri ke luar kota.

“Kita punya kamera pengenal wajah. Begitu datang ke Surabaya, pelaku akan diketahui dan ditangkap,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Risma juga memastikan penertiban yang dilakukan bukan bertujuan membunuh pedagang. Pihaknya hanya ingin Kota Surabaya terlihat rapi dan bersih.

“Kita tidak membunuh pedagang. Pemkot hanya ingin mengatur waktunya. Semua ada aturan, kalau tidak ditegakkan ya rusak,” imbuh Risma.

Untuk diketahui, insiden pembacokan yang dialami anggota Satpol PP, Tri Setia Bekti terjadi pada Selasa (26/2) malam. Lengan tangan kirinya dibacok oleh salah seorang tidak dikenal saat akan melakukan penertiban di Pasar Keputran. Akibatnya, dia mengalami luka robek pada lengan kiri dan harus dibawa ke Rumah Sakit (RS) Dr. Soewandhi. (Tur)

Leave a Reply


*