AGUSTINUS SOMAU PERJUANGKAN SUKU PEDALAMAN PAPUA SEJAHTERA

KabarGress.com, SURABAYA – Koordinator Tujuh Ketua Suku di Mimika Papua Agustinus Somau yang juga Ketua P2MA PTP punya impian mulia untuk masyarakat pedalaman Papua.

Namun Impian panjang tersebut di akui hingga kini masih belum bisa di realisasikan . Padahal mimpi besar itu untuk dan demi kesejahteraan masyarakat 7 suku di pedalaman . P2 MA .PTP masih harus terus berjuang mewujudkannya.

‘” Saya ingin bangun masyarakat 7 suku di Papua ,” katanya, di Wyndam hotel Jumat (8/2/2019)

Selama ini kata Agustinus Somau mayoritas suku di Papua belum memperoleh penghidupan layak. Padahal Papua sangat kaya sumber daya alamnya, Freeport sudah setengah abad mengelola sumber daya tambang.

” Namun hidup suku – suku kami masih tetap miskin ,” imbuh Ketua P2MA Agustinus Somau.

P2MA . PTP ( Pusat Pengendali masyarakat Adat Pegunungan Tengah Papua) berupaya menyejahterakan suku – suku di sana. 7 Suku Amongme, Moni, Dani, Nduga , Damal, Ekari ,Kamoro , pedalaman ini lanjut Agustinus Somau masih hidup dalam garis kemiskinan.

Hal itu terjadi banyak faktor penyebabnya. Perhatian dan empati bagi 7 suku ini sebetulnya sudah di berikan Freeport . Menurut Agustinus Somau Perusahaan pengelola tambang tersebut berikan hibah barang bekas baru berupa, pipa , Accu bekas, plat tembaga.

” Tapi barang hibah bekas itu belum kita ambil ,” ujarnya

Sebab syarat barang bekas hibah bisa di ambil ungkap Agustinus harus memegang surat dari kementerian keuangan dan kementerian BUMN. ” Itu kendala kami ,” tambah Agustinus Somau.

Kedepannya kalau barang hibah dimaksud sudah bisa di terima 7 suku , Agustinus Somau bersama ketua – ketua suku bersepakat memakai dana hasil penjualan barang hibah itu untuk pembangunan .

Pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan gereja – gereja , yang masih sedikit di Papua. Bangun lahan perkebunan , pertanian , dan pembangunan perumahan permanen bagi ribuan masyarakat. (*)

Leave a Reply


*