Sambut Imlek, Klenteng Hong San Ko Tee Surabaya Bagi-bagi Sembako


Surabaya, KabarGRESS.com – Dalam rangka menyambut tahun baru Imlek 2570, Klenteng Hong San Ko Tee, Jl Cokroaminoto Surabaya, menggelar kegiatan bakti sosial, diantaranya bagi-bagi angpao dan sembako kepada warga sekitar, Selasa (5/2/2019).

“Tahun ini kita membagikan 500 paket sembako. Kita bagi kupon pengambilan paket sembako lewat RT RW. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Sudiman selaku pengelola Klenteng Hong San Ko Tee, kepada awak media yang mewawancarainya.

Dari pantauan media ini, suasana klenteng sangat ramai. Banyak umat yang datang sembahyang. Para jemaat datang silih berganti untuk beribadah. Warna merah dominan dengan hiasan ratusan lampion. Lilin berbagai ukuran dan besar tampak menghiasi setiap sudut klenteng.

Sudiman memberikan keterangan pers

Lilin berbagai ukuran tertata rapi di sekitar 10 altar pemujaan. Ada lilin yang setinggi puluhan centimeter, ada juga lilin setinggi lebih dari 3 meter dengan diameter tertentu.

“Satuan lilin kita menyebutnya Taki. Kalau yang itu, 1.000 taki,” terang Sudiman sambil menunjuk lilin setinggi lebih dari 3 meter.

Lilin-lilin tersebut adalah milik umat Tionghoa yang akan bersembahyang Imlek di klenteng yang terkenal dengan nama Klenteng Cokro tersebut. Di bagian bawah lilin terdapat nama pemilik lilin.

“Biasanya satu lilin untuk beberapa orang. Karena itu nama di bawah lilin biasanya nama untuk satu keluarga,” jelasnya. 

“Kalau tadi malam sembahyang dengan permohonan bersamaan. Dan yang tidak sempat, ya datang di pagi hari seperti ini, memohon sesuai keinginan masing-masing,” timpalnya.

Harapan tahun baru kali ini, mengingat bertepatan dengan pelaksanaan pemilu, agar segalanya berjalan lancar, aman dan damai. “Harapan lain tentunya diberikan kelancaran rejeki dan juga kesehatan,” ujarnya. (ro)

Leave a Reply


*