Ratusan Siswa-Siswi SD Muhammadiyah 15 Surabaya Jalani Tes Baca Al-Qur’an


Surabaya, KabarGress.Com – Ratusan siswa-siswi SD Muhammadiyah 15 Surabaya, hari ini (2/1/2019), melakukan wisuda dengan membaca lantunan ayat suci Al-Qur’an. Pembacaan Al-Qur’an ini sebagai salah satu syarat sebelum benar-benar dinyatakan lulus.

Acara wisuda ini diikuti sebanyak 128 siswa-siswi SD Muhammadiyah 15 Surabaya mulai dari kelas 3 hingga 6. Serta mengundang penguji untuk melakukan tes kepada seluruh siswa-siswi.

Salah satu Penguji dari pengurus Pondok Pesantren Qur’an Nurul Falah, Abdul Rohmat A.K, mengatakan ada 4 materi yang akan diujikan kepada siswa-siswi mulai dari panjang pendek bacaan, berhenti dan memulai bacaan.

“Yang ketiga Qiroahnya atau kesempurnaan bacaannya baik dalam hurufnya, dan juga bacaan yang aneh atau asing. Misalnya tulisannya panjang tapi bacaannya pendek, dan yang terakhir lagu dari bacaan,” ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, pengetahuaan siswa-siswi SD Muhammadiyah Limas ini soal pembacaan Al-Qur’annya sangat bagus. Hal itu diketahui setelah melihat hasil dari uji yang dilakukannya.

“Nilainya anak-anak semuanya sangat bagus dan sangat membanggakan semuanya sudah bisa membaca dengan baik dan lagi bisa mengetahui maknanya,” ucapnya.

Sementara itu, Pengurus Majelis Dikdasmen Muhammadiyah, Imam Syafi ‘i, menambahkan penguasaan materi Al Qur’an menambahkan kalau materi ini menjadi bagian penting dalan perguruan Muhammadiyah.

“Sehingga kalau mereka sudah lulus nanti tidak hanya memahami tapi mengaplikasikan di masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya,” tegasnya.

Khatmil Qur’an sebagai bagian dari pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Limas juga ditegaskan Ahmad Dimyati selaku koordinator Limas Tilawatil Qur’an. “Sekolah mensinkronkan pendidkan akademik dan pendidikan karakter,” urainya.

Ahmad menambahkan, kalau wisuda Qur’an dilakukan setiap tahun di semester kedua. Sedangkan ujian kenaikan tingkat dilakukan 2 kali dalam setahun. “Jumlah siswa yang lulus juga bertambah setiap tahunnya,” tambahnya.

Salah satu wisudawan kelas 6, Syifa mengungkapkan, meski banyak disibukkan dengan try out jelang UNBK tidak menghalanginya untuk menyelesaikan bacaan Qur’an. “Ini sudah menjadi kewajiban dan nantinya akan ditanyakan oleh Allah,” pungkasnya. (tur)

Leave a Reply


*