28/01/2021

Jadikan yang Terdepan

BERBAGAI RAGAM SAPI KOLEKSI PETERNAKAN MILIK MAS KELANA TOKOH POLITIK JATIM

KabarGress.com , Pasuruan – Ranch semi modern milik Ketua DPD Hanura Jatim , di Dukuh Putuk Desa Lebakrejo , Purwodadi Pasuruan terus dikembangkan. Selain dari kuantitas atau jumlah sapi tetapi juga luasan arealnya.

Mas Kelana Aprilianto owners Peternakan penggemukan sapi yang asli Pasuruan ini menuturkan bahwa dia selain terus memperluas areal juga terus menambah jumlah ekor sapi di peternakan miliknya.

Tiap dua Minggu sekali Mas Kelana menambah puluhan ekor sapi di peternakan miliknya. Menurutnya, sapi – sapi koleksi peternakannya bukan satu jenis namun beberapa jenis sapi. Sapi dari jenis apapun ia tampung .

Sebab ide dasar Mas Kelana juga Ketua Relawan Jokowi Jatim ini untuk pengembang biakan sapi. ” Di peternakan ini saya ingin semua jenis sapi bisa di kembangbiakan,” ujarnya .

Beberapa jenis sapi yang jadi koleksi Peternakan saat ini beragam , mulai dari jenis lokal hingga silangan maupun sapi khas daerah, seperti Sapi Bali, Sapi Madura, hingga Sapi Lombok.

” Banyak sih mas kalau jenisnya. Ada yang lokal, sapi Madura juga sapi Lombok ,” imbuh dia.

Mas Kelana di samping terus menambah terus sapi sapi , dipeternakan juga terus membangun kandang sapinya. Termasuk memperluas areal lahannya sehingga mampu menampung ribuan ekor sapi nantinya.

Cluster tambahan masih terus dibangun . Untuk jumlah sapi di kandang milik Politisi Partai Hanura Jatim yang juga bos PT Bangun Jaya Grup hampir menembus 1000 ekor sapi. Belum lagi di ratusan ekor kambing dari berbagai jenis memperkaya kolek kandang pengembang biakan milik Mas Kelana.

Pelan tapi pasti obsesi besar Mas Kelana mempunyai peternakan terpadu yang besar tinggal beberapa langkah lagi bisa di wujudkan. Dan berkat militansinya dalam membangun peternakan semi modern di dukung pekerja yang profesional sapi – sapi yang ada banyak yang melahirkan.

” Pelan namun pasti, peternakan sapi ini terus di kembangkan ,” jelasnya.

Usaha peternakan untuk pengembang biakan sapi hingga saat ini lanjut Mas Kelana masih sekedar memanjakan hobbi, belum komersial alias bisnis. ” Masih hobbi saja belum mengarah ke bisnis ,” terang dia lagi.

Di saat lelah di peternakan inilah mas Kelana melepas lelah setelah mengurusi politik Partai yang di pimpinnya. Di peternakan ini Masih Kelana bisa berlama – lama melepaskan penatnya, dan hilang penatnya saat dia melihat sapi – sapi miliknya.

Dari aspek bisnis baru akan di hitungnya nanti setelah berkembang biak . ” Nanti kalau sudah sekitar 5000 ekor, baru bisa di kalkulasikan dari sisi bisnisnya . Sekarang masih terus kita kembang biakkan. Pada saatnya ke depan peternakan saya dapat memback up pemenuhan kebutuhan daging sapi di Jatim ,” tandas Mas Kelana

Cita – ceta Mas Kelana ke depan peternakan ini bukan sekedar mampu mendulang profit semata tetapi juga mampu menjadi destinasi wisata peternakan . Termasuk juga menjadi edukasi wisata peternakan, dimana bisa menjadi jujugan masyarakat umum kalangan sekolah dan kalangan akademisi.

” Dan di peternakan ini Saya akan mengisi hari – hari tua saya nanti. Lokasinya cukup baik sejuk, diantara perbukitan dan masih alami segar jauh dari polusi ,” tutur Mas Kelana Aprilianto. (*)