08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Hasil Survey SSC, Nama Bayu Airlangga Tempati Posisi Teratas Dalam Bursa Pilwali Surabaya di Kalangan Tokoh Milenials

Surabaya, KabarGress.Com – Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) pada Rabu (9/1/2019) kemarin, nama Bayu Airlangga berhasil menempati posisi teratas dalam bursa calon Walikota Surabaya dari kalangan tokoh milenials.

Pria yang juga menjabat ketua muda mudi Demokrat itu, mengalahkan tiga pesaing lainnya yakni, M. Habibur Rahman, M. Abid Umar, dan M. Nur Arifin.

Dalam pola survei popularitas yang dilakukan oleh SSC itu, nama Bayu Airlangga menempati posisi pertama di kalangan millenials. Ia mendapatkan 26.6 persen. Perolehan itu diikuti M. Habibur Rahman dengan 14.8 persen. Lalu, M. Abid Umar serta M. Nur Arifin dengan 13.4 persen.

Menanggapi riset itu, pakar komunikasi politik asal UNAIR Yayan Sakti Suryandaru mengungkapkan jika fenomena ini bisa menjadi pertanda yang baik. “Karena publik sekarang cenderung suka hal yang baru di pemerintahan,” katanya, Kamis (10/1/2019).

“Bisa dilihat dari pola Pilgub Jatim 2018, Gus Ipul yang petahana bisa dikalahkan Khofifah. Ini karena mereka menginginkan adanya perubahan di pemerintahan,” tambahnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Bayu Airlangga menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan partai nantinya. Saat ini dirinya fokus pada bagaimana memperoleh kesuksesan di pilleg maupun pilpres yang menjadi kebijakan partai.

“Kita ini prajurit. Apa yang menjadi kebijakan partai akan kita jalankan. Lagipula pilwali surabaya masih dua tahun lagi. Saat ini yang terpenting bagaimana Partai Demokrat alami kesuksesan di pilleg dan pilpres nanti,” ujar pria yang juga menantu Gubernur Jatim Pakde Karwo itu.

Sebagai informasi, hasil survey yang dirilis oleh SSC pada kesempatan ini berdasarkan pada survey yang dilaksanakan mulai 20-31 Desember 2018 di 31 Kecamatan di Kota Surabaya.

Riset yang dilakukan menggunakan 1000 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3.1 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (Tur)