08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

ABRASI MENGIKIS BIBIR PANTAI TEMPURSARI LUMAJANG

KabarGress.com, LUMAJANG – Abrasi terus mengikis bibir Pantai , di wilayah kecamatan Tempursari kabupaten Lumajang Jawa Timur . Untuk menghentikan Abrasi, langkah pencegahan dan penanganan secara permanen .

Sebab kondisi ini berlangsung sejak 3 tahun lalu ( tahun 2015) ini telah banyak berikan dampak kerugian baik tanaman pertanian, pohon kelapa, pohon cemara lebih parahnya lahan yang sebelumnya telah jadi laut dan pesisir.

Kepala desa Tegalrejo Sujono Mulyo menjawab persoalan-persoalan abrasi dari hari ke hari abrasi air laut Tegalrejo semakn mendesak tanah lahan pertanian milik warga.

“Kurang lebih 40 Ha lahan pertanian yang sudah menjadi lautan”, kata kepala desa Tegalrejo Sujono Mulyo.

Kondisi inilah yang ditunggu kesungguhan pemerintah dalam penanganannya. Jika terus abrasi ini mengikis berkelanjutan tidak ada langkah pasti lahan masih terselamatkan dan pemukiman yang ada akhirnya akan menjadi ancaman abrasi.

Sebelumnya pesisir pantai desa Tegalrejo dan Bulurejo merupakan objek wisata yang bisa menarik perhatian pengunjung yang datang baik masyarakat Lumajang sendiri lebih-lebih luar kabupaten, keindahan laut yang di topang tanaman pohon cemara yang berjejer, pohon kelapa serta warung ikan bakar.

Suasana tersebut telah rusak beberapa bangunan warung yang jadi tempat nyantai para pengunjung wisata sudah tergerus abrasi. ( fen)