08/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Sinergi Pemerintah di Layar Kaca Hanya di Ninmedia

Jakarta, KabarGRESS.com – Mengikuti kemajuan jaman yang ada, GPR TV merupakan revitalisasi cara komunikasi pemerintah dengan masyarakat. GPR TV atau Goverment Public Relation merupakan channel TV Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) yang tidak hanya menjadi fungsi bagi Kemenkominfo, tetapi juga bagi kementerian dan lembaga pemerintahan lainnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan portal berita www.indonesia.go.id dan GPR TV yang sudah bisa ditonton di platform TV satelit Ninmedia dan aplikasi KUGO milik Ninmedia, hari Senin lalu di ruang serbaguna Roeslan Abdulgani, kantor Kemenkominfo. Selain dihadiri oleh Rudiantara, hadir juga pada acara peluncuran Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko; Guru Besar Manajemen UI, Prof. DR. Rhenald Kasali; dan Staf Khusus Presiden RI, Johan Budi SP.

Portal www.indonesia.go.id dan GPR TV hadir untuk memberikan gambaran utuh mengenai Indonesia sebagai upaya untuk nation branding. GPR TV sendiri berfungsi sebagai ruang pemerintah di layar kaca yang terdiri dari 6 pilar program yaitu: Sudut istana sebagai program seputar Presiden dan Wakil Presiden; Bincang Menteri yaitu program kebijakan dari orang No. 1 Kementerian; Kabar Daerah mengenai kemajuan pembangunan di setiap propinsi; Kupas Tuntas Lugas mengenai kebijakan baru pemerintah; Bhinneka Tunggal Ika sebagai program unik tentang keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia; dan Indonesia Jaya, program pencapaian prestasi anak bangsa di ajang nasional dan internasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, menjelaskan, “Hadirnya GPR TV di platform TV satelit Ninmedia merupakan wujud dari pemerataan sumber informasi yang menjadi bagian dari program pemerintah selama ini, dengan memberikan akses informasi mengenai program-program pemerintah kepada seluruh masyarakat terutama yang berada di daerah pelosok dan perbatasan yang selama ini tidak bisa menjangkau channel-channel TV nasional”.

President Director Ninmedia, Rahadi Arsyad turut menjelaskan, “Sangat memprihatinkan bahwa di era yang sudah digital ini, menyaksikan siaran TV atau radio masih menjadi sebuah kemewahan bagi beberapa area di daerah pelosok dan perbatasan Indonesia, sehingga ini tidak hanya lagi menjadi beban pemerintah semata tetapi sudah sepantasnya menjadi tanggung jawab kita bersama.

Platform TV satelit Ninmedia sendiri bisa menjangkau masyarakat seluruh Indonesia, sehingga kini, masyarakat yang berada di daerah pelosok dan perbatasan bisa menikmati puluhan channel mulai dari tayangan hiburan, edukasi, keagamaan, film, program untuk anak, musik hingga film-film bioskop”.

Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) melanjutkan, “Tujuan dari GPR TV adalah untuk memfasilitasi lembaga kementerian dan daerah yang memiliki konten dalam format video, dengan memberikan ruang atau media untuk branding sementara visi dari GPR TV sendiri adalah untuk mencerahkan, memberdayakan dan memperkokoh NKRI antara lain lewat pengenalan ragam potensi dan keunggulan Indonesia yang begitu kaya”.

Rudiantara melanjutkan, portal www.indonesia.go.id dan GPR TV berperan antara lain untuk meredam, menetralisir dan menjawab banyaknya distrosi informasi yang beredar di sosial media sebagai upaya untuk provokasi dan menciptakan paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila. (ro)